Cara Membuat Kimchi - How to Make Kimchi

Cara Membuat Kimchi - How to Make Kimchi

Kata kunci: resep masakan

Keywords: recipe, korean, rice, make, fried rice, jjigae, restaurant, blue, ramen, sauce, vegan, recipes, chicken, korean recipe, maangchi, stew, benefits, noodles, sushi, pancake, barbecue nashville, zupa, how to make stew, maken, costco, rezept, nedir, drama, maangchi recipe, jigae, soup recipe, bokkeumbap, kaufen, the project, que es, fried rice, nutrition facts, how long does last, barbecue, bremen, benefits

RESEP KIMCHI HALAL – Apakah kamu penyuka yang berbau Korea Korea gitu? Suka sama boy band Korea? Atau mungkin gaya berpakaiannya? Kalau kamu suka sama yang berbau Korea, kurang lengkap deh kalau nggak nyobain makanan khas Korea yitu kimchi untuk awak kimchi soup, kimchi korea .

Sebenernya ada banyak makanan khas Korea, misalnya kayak bulgogi, teokbokki, kimchi dan kawan-kawannya. Kalau kamu emang suka sama Korea, harusnya cobain juga tuh makanan dari sana. Nyari menu Korea juga nggak sulit kok, sekarang udah banyak restoran yang menyajikan menu khusus Korea.

Tapi, buat kamu yang berkantong tipis mending coba bikin aja sendiri di rumah. Nah, karena yang paling umum dari makanan Korea itu kimchi, mending kamu bikin makanan yang satu ini aja.

What is Kimchi? Kimchi adalah salah satu makanan khas Korea yang membuatnya dengan cara difermentasi. Rasanya agak asam karena hasil fermentasi, tapi enak kok, asam-asam sedap gitu. Kimchi juga terbuat dari sayuran, jadi pastilah gizinya baik buat tubuh kamu.

Kalau di negara asalnya, biasanya kimchi disantap saat musim dingin. Orang Korea kadang membeli di pasar untuk persediaan kimchi saat musim dingin. Tapi ada juga yang membuat sendiri dirumah, selain lebih murah, cara membuatnya pun tidak terlalu sulit kok.

Mending kamu juga siap-siap buat beli bahan karena kita sekarang mau bikin kimchi. Tapi siapin dulu catatan kalau nggak ya bawa smartphone dan tetep stay di sini.

Bahan

1 buah sawi putih ukuran besar

1/2 batang lobak putih yang sudah diiris memanjang

4 batang daun bawang yang sudah diiris

4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan

1 ruas jahe yang sudah dihaluskan

6 sdm bubuk cabe, kalau ada ya pakai bubuk cabe Korea

2 sdt garam

1 sdm gula pasir

1/2 gelas garam kasar

2 sdm saus ikan, kalau ada ya saus ikan dari Korea

Air secukupnya

Bumbu kimchi

Cara Membuat Kimchi

Cuci sawi hingga bersih sampai ke dalam-dalamnya, sisihkan.

Tuang 1/2 gelas garam kasar kedalam wadah yang berisi air.

Masukkan sawi ke dalam wadah tersebut, rendam dan biarkan selama kurang lebih 6 jam.

Setelah 6 jam, cuci kembali sawi sampai ke dalam-dalamnya. Kalau mau dipotong jadi dua bagian juga boleh, sisihkan.

Siapkan bumbu, campurkan bawang putih, jahe, daun bawang, lobak, saus ikan, gula, bubuk cabe dan sedikit garam.

Balurkan bumbu secara merata ke sawi, usahakan sampai ke dalam-dalamnya, semua permukaan sawi terkena bumbunya. Saat membaluri sawi agak sedikit diremas-remas agar bumbunya meresap.

Taruh sawi yang sudah dibumbui kedalam wadah yang tertutup rapat, kalau ada toples kaca lebih bagus.

Diamkan selama dua hari untuk proses fermentasinya.

Setelah dua hari, kimchi siap untuk disajikan.

Nah, itu tadi cara membuat kimchi sendiri. Kamu bisa mencobanya di rumah atau mungkin di tetangga, selamat mencoba.


Resep Olahan Kimchi

Setelah kamu berhasil membuat kimchi, sekarang mending kita buat olahan yang bahannya juga menggunakan kimchi yuk.


1. Nasi Goreng Kimchi


Resep yang pertama adalah nasi goreng kimchi, menu ini kalau di Korea bernama kimchi bokkeumbap. Nasi goreng kimchi merupakan makanan khas Korea sederhana yang biasa disajikan di rumah.

Tapi, kalau kamu ke rumah makan yang menjual berbagai jenis masakan Korea, menu ini biasanya juga akan ada di sana.

Dari pada makanan di restoran yang lumayan nguras kocek kita, gimana kalau bikin sendiri aja? Sekalian eksperimen dan melatih skill kamu memasak, siapa tahu hasilnya memuaskan. Bisa dikasih juga ke si dia biar makin cinta. 🙂


Bahan Nasi Goreng Kimchi

1 cangkir kimchi yang sudah ditiriskan dan dipotong sesuai selera

1/2 buah bawang bombay yang sudah dicincang halus

1 siung bawang putih yang sudah dicincang halus

1 sendok makan kecap manis

1 sendok makan mentega atau margarin

Daging sapi atau sosis sapi yang sudah diiris tipis

3 piring nasi putih

3 butir telur ayam yang sudah digoreng

Garam secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Kimchi

Tumis daging sapi atau sosis, setelah itu singkirkan. Tapi, kamu juga bisa nggak pakai daging atau sosis, sesuai selera aja.

Tumis kimchi bersama dengan bawang bombay di atas wajan yang sudah diolesi dengan mentega. Tumisnya pakai api kecil ya, sampai tercium bau wangi.

Setelah tercium bau wangi dan sayuran mulai tampak layu, tambahkan 1/2 sendok makan mentega, bawang putih, dan kecap manis. Tumis lagi selama kurang lebih 3 menit.

Masukkan daging sapi yang sudah ditumis sebelumnya, tumis kembali sampai daging benar-benar matang.

Setelah itu, matikan api, dan biarkan masakannya tetap di atas kompor.

Masukkan nasi dan sisa mentega yang sudah disiapkan ke dalam kimchi yang sudah dimasak dengan bahan lainnya. Aduk sampai semua bahan tercampur dengan rata, jangan lupa tambahkan garam dan aduk lagi.

Nasi goreng kimchi siap disajikan bersama dengan telur goreng.

Nah, itu tadi resep nasi goreng kimchi sederhana yang bisa kamu coba buat sendiri. Kamu bisa menikmati nasi goreng ini dengan kerupuk, maklum orang Indonesia, hehe.


2. Sup Kimchi

Sup kimchi atau kimchi soup ini, di negara asalnya, Korea Selatan, biasa dikenal dengan nama kimchi guk. Menu ini sangat enak jika disantap saat cuaca dingin karena sup kimchi paling enak dimakan hangat-hangat.


Bahan Sup Kimchi

2 cangkir kimchi yang sudah dipotong kecil-kecil

1,5 cangkir daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil

2 sendok makan pasta cabe atau nama Korea-nya gochujang

1 sendok makan gula pasir

2 cangkir air

2 batang daun bawang yang sudah dipotong kasar

200 gram tahu putih yang sudah dipotong dadu


Cara Membuat Sup Kimchi

Setelah semua bahan siap, campurkan kimchi bersama dengan airnya, pasta cabe, daging sapi, dan gula pasir ke dalam panci. Setelah semua tercampur rata,tutup panci dan masak sampai mendidih.

Setelah mendidih, masukkan tahu putih dan masak kembali sekitar 10 menit di atas api kecil.

Setelah 1- menit, tambahkan daun bawang, diamkan sebentar, lalu matikan api.

Sup kimchi siap dihidangkan.

Itu tadi resep sup kimchi yang bisa kamu coba. Sup kimchi ini paling enak dimakan bersama dengan nasi hangat.
Read More »

Jenis-Jenis Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)

Jenis-Jenis Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)

Secara yuridis, Pasal 1 Angka 6 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia menyatakan bahwa pelanggaran hak asasi manusia adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku Dengan demikian, dalam konteks Negara Indonesia, pelanggaran HAM merupakan tindakan pelanggaran kemanusiaan, baik dilakukan oleh individu maupun oleh institusi negara atau institusi lainnya terhadap hak asasi manusia

Pelanggaran HAM berat menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM dapat diklasifkasikan menjadi dua Kejahatan genosida, yaitu se-setiap perbuatan yang dilaku kan dengan maksud untuk meng-hancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, ke lompok agama, dengan cara:
  1. membunuh anggota kelompok;
  2. mengakibatkan penderitaan fisik dan mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok;
  3. menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fsik baik seluruh atau sebagiannya;
  4. memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok; atau
  5. memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain
Kejahatan terhadap kemanusian, yaitu salah satu perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas atau sistematik yang diketahuinya bahwa serangan tersebut ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil, berupa:
  1. Pembunuhan;
  2. Pemusnahan;
  3. Perbudakan;
  4. Pengusiran atau pemindahan penduduk secara paksa;
  5. perampasan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fsik lain secara sewenang-wenang yang melanggar (asas-asas) ketentuan pokok hukum internasional;
  6. Penyiksaan;
  7. Perkosaan, perbudakan seksual, pelacuran secara paksa, pemaksaan kehamilan, pemandulan atau sterilisasi secara paksa atau bentuk-bentuk kekerasan seksual lain yang setara;
  8. Penganiayaan terhadap suatu kelompok tertentu atau perkumpulan yang didasari persamaan paham politik, ras, kebangsaan, etnis, budaya, agama, jenis kelamin atau alasan lain yang telah diakui secara universal sebagai hal yang dilarang menurut hukum internasional;
  9. Penghilangan orang secara paksa; atau
  10. Kejahatan apartheid
Read More »

Hak Asasi Manusia dalam Nilai Ideal Sila-Sila Pancasila

Hak Asasi Manusia dalam Nilai Ideal Sila-Sila Pancasila

Nilai ideal disebut juga nilai dasar berkaitan dengan hakikat kelima sila Pancasila, yaitu: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Nilai-nilai dasar tersebut bersifat universal sehingga di dalamnya terkandung cita-cita, tujuan, serta nilai-nilai yang baik dan benar. Nilai dasar ini bersifat tetap dan terlekat pada kelangsungan hidup negara.

Hubungan antara hak asasi manusia dengan Pancasila dapat dijabarkan secara singkat sebagaiberikut.
a.      Sila Ketuhanan Yang Maha Esa menjamin hak kemerdekaan untuk memeluk agama, melaksanakan ibadah dan menghormati perbedaan agama.
b.     Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab menempatkan setiap warga negara pada kedudukan yang sama dalam hukum serta memiliki kewajiban dan hak-hak yang sama untuk mendapat jaminan dan perlindungan hukum.
c.      Sila Persatuan Indonesia mengamanatkan adanya unsur pemersatu di antara warga negara dengan semangat rela berkorban dan menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan. Hal ini sesuai dengan prinsip hak asasi manusia, bahwa hendaknya sesama manusia bergaul satu sama lainnya dalam semangat persaudaraan.
d.     Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan /Perwakilan dicerminkan dalam kehidupan pemerintahan, bernegara, dan bermasyarakat yang demokratis.
Menghargai hak setiap Info Kewarganegaraan Hak asasi manusia memiliki ciri-ciri khusus, yaitu sebagai berikut.
1)     Hakiki, artinya hak asasi manusia adalah hak asasi semua umat manusia yang sudah ada sejak lahir.
2)     Universal, artinya hak asasi manusia berlaku untuk semuaorang tanpa memandang status, suku bangsa, gender atau perbedaan lainnya.
3)     Tidak dapat dicabut, artinya hak asasi manusia tidak dapat dicabut atau diserahkan kepada pihak lain.
4)     Tidak dapat dibagi, artinya semua orang berhak mendapatkan semua hak, apakah hak sipil dan politik, atau hak ekonomi, sosial dan budaya. warga negara untuk bermusyawarah mufakat yang dilakukan tanpa adanya tekanan, paksaan, ataupun intervensi yang membelenggu hak-hak partisipasi masyarakat.
e.      Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia mengakui hak milik perorangan dan dilindungi pemanfaatannya oleh negara serta memberi kesempatan sebesar-besarnya pada masyarakat.


Read More »

Substansi Hak Asasi Manusia dalam Pancasila

Substansi Hak Asasi Manusia dalam Pancasila

Salah satu karakteristik hak asasi manusia adalah bersifat universal.Artinya, hak asasi merupakan hak yang dimiliki oleh setiap manusia di dunia tanpa membeda-bedakan suku bangsa, agama, ras maupun golongan. Oleh karena itu, setiap negara wajib menegakkan hak asasi manusia.
Akan tetapi, karakteristik penegakan hak asasi manusia berbeda-beda antara negara yang satu dengan negara lainnya. Ideologi, kebudayaan dan nilai-nilai khas yang dimiliki suatu negara akan mempengaruhi pola penegakan hak asasi manusia di suatu negara.

Contohnya, di Indonesia, dalam proses penegakan hak asasi manusia dilakukan dengan berlandaskan kepada ideologi negara yaitu Pancasila.

Pancasila merupakan ideologi yang mengedepankan nilai-nilai kemanusian. Pancasila sangat menghormati hak asasi setiap warga negara maupun bukan warga negara Indonesia. Bagaimana Pancasila menjamin hak asasi manusia?

Pancasila menjamin hak asasi manusia melalui nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Nilai-nilai Pancasila dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu nilai ideal, nilai instrumental dan nilai praksis.

1. Hak Asasi Manusia dalam Nilai Ideal Sila-Sila Pancasila
2. Hak Asasi Manusia dalam Nilai Instrumental Sila-Sila
Pancasila
3. Hak Asasi Manusia dalam Nilai Praksis Sila-Sila Pancasila

Read More »

Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila

Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila

Selamat ya, kalian sekarang sudah duduk di kelas XII. Ini berarti kalian t inggal satu tahun lagi belajar di jenjang SMA/SMK/MA/MAK. Kesuksesaan itu sangat tergantung dari usaha kalian terutama dalam mengatasi berbagai tantangan dan rintangan yang akan kalian hadapi di kelas XII. Oleh karenaitu, kalian harus meningkatkan kuantitas dan kualitas belajar. Jangan lupa senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan sungguh-sungguh pada saat memulai dan mengakhiri aktivitas sehari-hari, termasuk kegiatan pembelajaran.

Pada awal pembelajaran PPKn di kelas XII, kalian akan diajak menelaah berbagai kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan menggunakan Pancasila sebagai rujukan. Nah, sebelum kalian menelaah hal tersebut, coba kalian cermati wacana di bawah ini?

Vonis 11 Tahun Bos Kuali Kecewakan Buruh Para buruh yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Tangerang Raya (Alttar) kecewa terhadap vonis 11 tahun yang dijatuhkan kepada YI pemilik perusahaan kuali terdakwa penyekapan dan perbudakan karyawannya. Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut YI dipenjara 13 tahun, denda Rp 500 juta dan restitusi Rp 17 miliar. “Sebenarnya kita sudah kecewa sejak proses sidang JPU. YI sudah melanggar hukum berlapis sehingga hukuman minimal di atas 15 tahun,” kata Presidium Alttar, kepada


Kompas, Rabu (26/3/2014). Menurut Presidium Alttar, hakim sudah mengatakan, YI terbukti melakukan penyekapan, perbudakan dan membayar upah di bawah standar sehingga pemilik perusahaan kuali tersebut harus divonis lebih tinggi dari tuntutan JPU. Menindaklanjuti keputusan hakim, pihaknya bersama para buruh lainnya akan melakukan koordinasi dengan Kontras dan Peradi yang selama ini sudah ikut mengawasi proses peradilan YI. Terkait biaya restitusi sebesar Rp 17 miliar yang ditolak hakim, Koswara mengatakan, pihaknya akan terus berjuang agar para buruh yang menjadi korban perbudakan bisa mendapatkan biaya ganti rugi tersebut. “Kita akan terus kawal proses hukum ini sampai selesai.


YI akan mengajukan banding, jadi kita akan terus pantau dan lihat perkembangan kasus ini,” ujarnya. Diberitakan sebelumnya, YI, diadili karena melakukan penyekapan, perbudakan, perdagangan manusia dan eksploitasi terhadap karyawannya di Kampung Bayur Opak, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang. Bos kuali ini dihukum 11 tahun penjara, denda Rp 500 juta dengan subsider tiga bulan penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Tangerang pada Selasa (25/3/2014).

Sumber: kompas

Read More »