Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan 1-30

Keutamaan Puasa Hari Pertama Sampai Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Sumber : Kitab “Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah”, tentang keutamaan bulan Ramadhan secara mendetail dari hari ke hari.

Rasulullah saw bersabda : “Sekiranya kalian mengetahui apa yang akan kamu dapatkan di bulan Ramadhan, niscaya kamu akan menambah rasa syukur kalian pada Allah swt”.

Pada awal malam Ramadhan Allah swt mengampuni seluruh dosa yang tersembunyi dan yang terang-terangan, meninggikan beribu-ribu derajat, membangunkan untuk kalian lima puluh ribu kota di surga. (Hari pertama sudah seperti itu, dosa-dosa kamu akan diampuni dan ditinggikan derajatnya, jadi jangan sampai kamu melewatkan puasa ramadhan)

Keutamaan hari ke-2 puasa Ramadhan merupakan Allah swt mencatat masing-masing ibadah kalian seperti ibadah satu tahun dan pahalanya seperti pahala seorang nabi, mencatat puasa kalian seperti puasa satu tahun.

Keutamaan hari ke-3 puasa Ramadhan merupakan Allah swt memberi kalian setiap rambut di tubuh kalian taman permata yang indah di surga Firdaus, di atasnya dua belas ribu tempat bermukim dari cahaya, di bawahnya dua belas ribu tempat istirahat dan di setiap lokasi istirahat terdapat bidadari, setiap hari seribu malaikat berkunjung dan setiap malaikat membawa hadiah untuk kalian.

Keutamaan hari ke-4 puasa Ramadhan merupakan Allah memberi kalian di surga Khuld tujuh puluh ribu istana dan di setiap istana terdapat tujuh puluh ribu rumah, di setiap tempat bermukim terdapat lima puluh ribu tempat istirahat dan di setiap lokasi istirahat terdapat bidadari dan setiap bidadari memiliki seribu perhiasan yang lebih baik dari dunia dan segala isinya.

Keutamaan hari ke-5 puasa ramadhan, Allah swt memberi kalian di surga Al-Ma’wa beribu-ribu kota, setiap kota terdapat seribu rumah, di setiap tempat bermukim terdapat seribu meja makan, di atas setiap meja makan tujuh puluh ribu tempat makanan, di setiap lokasi makanan tujuh puluh macam makanan yang tidak sama satu dengan yang lain.

Keutamaan hari ke-6 puasa ramadhan, Allah swt memberi kalian di surga Darus Salam seratus ribu kota, di setiap kota seratus perkampungan, di setiap perkampungan seratus ribu rumah, di setiap tempat bermukim seratus ribu tempat istirahat dari emas yang panjang, setiap tempat tidur panjangnya seribu hasta, di atas tempat istirahat ada bidadari sebagai pasangan yang berhias dengan tiga puluh ribu perhiasan dari permata putih dan permata merah, dan setiap bidadari membawa seratus pelayan.

Keutamaan hari ke-7 puasa ramadhan, Allah swt memberi kalian di surga Na’im pahala seperti pahala seribu syuhada’ dan empat puluh ribu orang yang benar.

Keutamaan hari ke-8 puasa Ramadhan, Allah swt memberi kalian pahala seperti pahala amal enam puluh ribu kawakan ibadah dan orang enam puluh ribu orang yang zuhud.

Keutamaan hari ke-9 puasa Ramadhan, Allah Azza wa Jalla memberi kalian apa yang di berikan kepada seribu ulama, seribu orang yang i’tikaf, dan seribu orang yang menyambung tali persaudaraan.

Keutamaan hari ke-10 puasa Ramadhan, Allah Azza wa Jalla memenuhi tujuh puluh ribu hajat, dan memohonkan ampunan untuk kalian matahari, bulan, bintang-bintang, fauna yang melata, burung, fauna buas, setiap bebatuan dan bongkahan tanah liat, setiap yang kering dan yang basah, setiap fauna di laut dan dedaunan di pepohonan.

Keutamaan hari ke-11 puasa Ramadhan, Allah Azza wa Jalla mencatat guna kalian pahala seperti pahala empat kali orang yang haji dan umrah, setiap yang haji bersama seorang Nabi, dan setiap yang umrah bersama orang yang benar dan yang syahid.

Keutamaan hari ke-12 puasa Ramadhan, Allah Azza wa Jalla menjadikan guna kalian keimanan yang dapat merubah keburukan-keburukan menjadi kebaikan-kebaikan yang berlipat-ganda, dan menulis untuk kalian setiap kebaikan seribu kebaikan.

Keutamaan hari ke-13 puasa Ramadhan, Allah Azza wa Jalla menulis untuk kalian pahala seperti pahala ibadah penduduk Mekkah dan Madinah, dan Allah memberi kalian syafaat sejumlah bebatuan dan bongkahan tanah liat yang ada di antara Mekkah dan Madinah.

Keutamaan hari ke-14 puasa Ramadhan, Kalian seperti berjumpa dengan Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Daud dan Sulaiman, dan seperti beribadah guna Allah Azza wa Jalla bersama masing-masing Nabi selama dua ratus tahun.

Keutamaan hari ke-15 puasa ramadhan, Allah Azza wa Jalla menunaikan guna kalian hajat-hajatdunia dan akhirat, memberi kalian apa yang di berikan untuk Nabi Ayyub; seluruh malaikat pemikul Arasy memohonkan ampunan untuk kalian, dan pada hari kiamat Allah Azza wa Jalla akan memberi kalian empat puluh cahaya, sepuluh cahaya dari sebelah kanan kalian, sepuluh dari sebelah kiri kalian, sepuluh dari depan kalian, dan sepuluh cahaya dari belakang kalian.

Keutamaan hari ke-16 puasa ramadhan, Allah swt akan memberi kalian pada hari kalian dibangkitkan dari kubur enam puluh pakaian untuk kalian pakai, enam puluh onta untuk kalian kendarai, dan Allah swt mengirimkan awan untuk menaungi kalian dari sengatan panas hari itu.

Keutamaan hari ke-17 puasa ramadhan, Allah Azza wa Jalla menyatakan: “sungguh Aku telah mengampuni mereka dan bapak-bapak mereka, Aku akan lindungi mereka dari azab hari kiamat.”

Keutamaan hari ke-18 puasa ramadhan, Allah Azza wa Jalla mengajak malaikat Jibril, Mikail, Israfil, malaikat pemikul Arasy dan Al-Karubin agar memohonkan ampunan untuk ummat Muhammad saw sampai tahun berikutnya, dan Allah Azza wa Jalla memberikan pada kalian pahala seluruh syuhada’ Badar.

Keutamaan hari ke-19 puasa ramadhan, Semua malaikat langit dan bumi minta izin guna Tuhannya untuk berziarah ke kuburan kalian setiap hari, dan setiap malaikat membawa hadiah dan minuman untuk kalian.

Keutamaan hari ke-20 puasa ramadhan, pada suatu hari Allah Azza wa Jalla mengutus guna kalian tujuh puluh Malaikat untuk menjaga kalian dari setiap setan yang terkutuk; Allah Azza wa Jalla mencatat guna kalian setiap hari kalian puasa seperti berpuasa seratus tahun; menjadikan parit antara kalian dan neraka; memberi kalian pahala orang yang termaktub dalam Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qu’an; Allah Azza wa Jalla mencatat guna kalian setiap pena Jibril (as) sebagai ibadah satu tahun; memberikan pada kalian pahala tasbih Arasy dan Kursi; dan memberi pasangan untuk kalian setiap ayat Al-Qur’an seribu bidadari.

Keutamaan hari ke-21 puasa ramadhan, Allah swt meluaskan kuburan kalian seribu farsakh, menghilangkan dari kalian kegelapan dan kesepian, menjadikan kuburan kalian seperti kuburan seluruh syuhada’, dan menjadikan wajah kalian seperti wajah Yusuf bin Ya’qub (as).

Keutamaan hari ke-22 puasa ramadhan, Allah Azza wa Jalla akan mengutus guna kalian malaikat maut seperti pada seluruh Nabi saw, menyelamatkan kalian dari keganasan malaikat Munkar dan Nakir, dan menghilangkan dari kalian penderitaan dunia dan akhirat.

Keutamaan hari ke-23 puasa ramadhan, kalian akan melintasi shirathal mustaqim bersama semua Nabi, shiddiqin dan syuhada’, dan pahala kalian seperti memberi makanan guna masing-masing anak yatim dari ummatku dan seperti memberi pakaian guna masing-masing yang telanjang dari ummatku.

Keutamaan hari ke-24 puasa ramadhan, kalian tidak akan keluar dari dunia kecuali kalian menonton kedudukannya di surga;, setiap kalian diberi pahala seribu orang yang sakit, seribu pahala orang yang merantau untuk mentaati Allah Azza wa Jalla, kalian diberi pahala seribu pembebasan dari keturunan nabi Ismail (as).

Keutamaan hari ke-25 puasa ramadhan, Allah Azza wa Jalla membangunkan untuk kalian di bawah Arasy seribu menara hijau, di atas setiap menara terdapat kemah dari cahaya, dan Allah Tabaraka wa ta’ala berfirman: “Wahai ummat Muhammad, Aku merupakan Tuhan dan kalian merupakan hamba-Ku, bernaunglah kalian di bawah Arasy-Ku di menara-menara ini, makan dan minumlah sepuas kalian, jangan fobia dan jangan sedih; wahai ummat Muhammad, demi kemuliaan dan keagungan-Ku, Aku akan mengirim kalian ke surga, kalian akan dibanggakan oleh orang-orang yang terdahulu dan yang terakhir, Aku akan memberikan pada setiap kalian seribu mahkota dari cahaya, kendaraan onta yang Kuciptakan dari cahaya, tali kendalinya dari cahaya dan pada tali kendali itu terdapat seribulingkaran yang terbuat dari emas, dan pada setiap lingkaran berdiri malaikat, dan setiap malaikat memegang tongkat dari cahaya sehingga kalian memasuki surga tanpa dihisab.

Keutamaan hari ke-26 puasa ramadhan, Allah swt memandang kalian dengan kasih sayang-Nya, kemudian memaafkan seluruh dosa kalian kecuali sogokan dan hartanya; Allah swt mensucikan tempat tinggal kalian setiap hari tujuh puluh ribu kali dari ghibah dan dusta.

Keutamaan hari ke-27 puasa ramadhan, kalian seperti menolong masing-masing mukmin dan mukminah, memberi pakaian pada tujuh puluh ribu orang yang telanjang, membantu seribu orang yang menjalin tali persaudaraan; kalian seperti memperhatikan semua kitab yang diturunkan oleh Allah Azza wa Jalla guna semua Nabi-Nya.

Keutamaan hari ke-28 puasa ramadhan, Allah Azza wa Jalla menjadikan guna kalian di surga Al-Khuld seratus ribu kota dari cahaya, memberi kalian di surga Al-Ma’wa seratus ribu istana dari perak; memberi kalian di surga Al-Jalal tiga ratus ribu mimbar (tempat yang tinggi) yang terbuat dari misik, di setiap mimbar seribu tempat bermukim dari za’faran

Keutamaan hari ke-29 puasa ramadhan, Allah Azza wa Jalla memberi kalian beribu-ribu tempat tinggal dan di setiap tempat bermukim terdapat menara putih, di setiap menara terdapat tempat tidur dari kafur putih dilengkapi dengan seribu permadani dari sutera hijau, di setiap permadani disiapkan bidadari yang dihiasi dengan tujuh puluh ribu hiasan, di kepalanya seribu hiasan dari permata

Keutamaan hari ke-30 puasa ramadhan, Allah Azza wa Jalla menulis untuk kalian setiap hari sebelumnya pahala seribu suhada’ dan seribu orang yang benar; Allah Azza wa Jalla menulis untuk kalian seperti beribadah lima puluh tahun; Allah Azza wa Jalla menulis untuk kalian untuk setiap hari seperti puasa dua ribu hari, dan mengangkat derajat kalian) Bulan Ramadhan biasanya sekitar 30 hari atau 29 hari karena memakai perhitungan peredaran bulan
Read More »

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel (Kartu AS) yang sudah di Blokir Oleh Provider

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel (Kartu AS) yang sudah di Blokir Oleh Provider



Untuk mengatasi kartu telkomsel (as) yang sudah diblokir, kamu harus registrasi ulang kartunya. maka dari itu saya akan membagikan cara registrasi kartu telkomsel (AS) yang sudah terblokir oleh provider. Cara ini sudah saya lakukan dan berhasil 100%.

Sebenarnya cara ini sudah banyak yang tahu. Tapi sebagian temen-temen saya mungkin membutuhkan cara yang benar-benar bisa dipercaya.

Berikut ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh temen-temen di luar sana :

  • cara registrasi ulang kartu simpati ke 4444 
  • cara registrasi ulang kartu telkomsel 
  • registrasi kartu telkomsel online 
  • registrasi ulang telkomsel online 
  • cek registrasi telkomsel 
  • cara registrasi ulang kartu prabayar telkomsel 
  • cara registrasi telkomsel lewat sms
Cara yang saya bagikan ini hanya bisa dilakukan jika kamu hanya bermasalah dengan registrasi ulang, bukan masalah habisnya masa tenggang. Seperti pengalaman saya, sudah beberapa kali diperingatkan untuk registrasi ulang, tapi saya tidak mengabaikannya dan akhirnya nomor kartu as saya tidak bisa digunakan untuk menelpon dan sms, tapi masih bisa menerima telpon dan sms.

Baiklah langsung saja ke intinya biar cepet selesai masalahnya.

Sebelum melakukan registrasi ulang kamu harus mempersiapkan data tersebut di bawah ini :

  • NIK, dan
  • No.KK
Kamu bisa melihat NIK di KK.

Oke. Sekarang kita eksekusi.

Berikut ini adalah langkah untuk registrasi ulang kartu telkomsel AS :

  1. Aktifkan Hp kamu yang di dalamnya terdapat nomor yang sudah diblokir.
  2. Ketik *444*NIK*NoKK#
  3. Call
Selamat.. Kartu anda berhasil diaktifkan :)

Demikianlah Tips tentang cara registrasi ulang Telkomsel (Kartu As) yang sudah diblokir oleh Provider. 

Sekian dari saya. Silakan simpan artikel ini agar mudah dicari ketika anda membutuhkan, dan jangan sungkan-sungkan untuk membagikan ke temen-temen agar mereka juga mendapat manfaatnya.

Terima Kasih :)
Read More »

Cara Membuat Artikel Mudah Tanpa Berhenti di Tengah Jalan

Cara Membuat Artikel Mudah Tanpa Berhenti di Tengah Jalan


Kali ini saya akan mengupas masalah nulis artikel berhenti di tengah jalan. Pernah kan, ngalamin kejadian kek gini?

Jika kejadian ini terjadi pada dirimu Sob, berarti kamu perlu membaca artikel ini sampai habis, karena di artikel ini terdapat alasan kenapa sampai kamu berhenti menulis di tengah jalan dan di artikel ini pula, saya sudah siapkan solusinya. Penasaran kan?

Yuk Check It Dot.

Ada beberapa alasan yang menjadikan kamu berhenti menulis di tengah jalan Sob. Inilah penyebab (biang keroknya :D)

Tidak punya tujuan

Waduh. Menulis nggak ada tujuan? Itu artinya kamu keluar jalan-jalan tapi entah kemana perginya mengikuti perasaan dan setelah muter-muter gak jelas akhirnya pulang ke rumah. Ini sangat kocak Sob. Kamu nggak bakalan selesai nulisnya kalo nggak punya tujuan.

Tidak menguasai materi

Yes. Tidak menguasai materi membuat kamu berhenti menulis di tengah jalan karena kebingungan. Itu sudah pasti, karena materi adalah inti dari artikel yang kamu buat. Tidak menguasai materi sama artinya tidak tau tujuan dari menulis artikel itu sendiri. Menulis tanpa tujuan? Hmm sangat aneh kan? :D

Terlalu banyak materi tapi tidak dibatasi

Nah. Kalo yang satu ini nih kebalikannya dari poin sebelumnya. Kamu punya banyak materi bahkan kamu menguasai semua materinya dengan baik, tapi kamu membiarkan pikiranmu bebas berimaginasi dan ketikan jarimu tak dibatasi, maka yang terjadi adalah munculnya rasa bosan.

Yups. Karena kebanyakan materi akhirnya terjadi pengembangan pada tulisan yang kamu buat, otakmu terpaksa harus berpikir berlipat-lipat, durasi waktunya pun menjadi lebih lama.

Jadi bayangkan saja yang seharusnya membuat artikel hanya butuh satu jam, kalo ini menghabiskan waktu seharian. Capek kan? Capek banget pastinya.

Tidak ada draftnya

Kalo kamu nulis tapi nggak ada draftnya (layoutnya), poin-poin yang akan dibahas, itu akan membuatmu kebingungan di tengah jalan. Karena ibaratnya kamu ingin pergi ke amerika, tapi nggak tau jalannya. Ya mungkin kamu akan sampai Amerika, tapi mungkin juga berhenti di tengah jalan karena masuk hutan :D

Menginginkan kesempurnaan padahal ceritanya belum sempurna

Belum selesai buat artikelnya udah diedit. Baru nulis satu kalimat udah di edit. Baru nulis satu paragraf udah di edit.  Baru nulis satu kata aja udah di edit. Dan yang paling parah adalah baru nulis satu huruf aja udah di edit. Itu bakalan bikin kamu berhenti menulis di tengah jalan bro sis.

Tergoda rayuan

Menulis membutuhkan waktu yang cukup panjang, membutuhkan tempat yang nyaman, membutuhkan ketenangan pikiran. Untuk menulis paling tidak kita membutuhkan 1-2 jam, ini belum temasuk proses editingnya.

Jadi, sangat memungkinkan jika kita tergoda oleh rayuan, entah itu tergoda rayuan chat pasangan, game (online) yang mengasyikkan, sosial media yang bikin kegeraman, dsb. Intinya semua hal yang menggoda itu membuat kita berhenti menulis di tengah jalan.

Ada bencana alam

Kabur dong wkwk

Font tulisan yang monoton

Ternyata nih Sob, kalo kamu nulisnya langsung di hp atau di PC, ternyata gaya tulisan sangat mempengaruhi mood (perasaan) saat nulis lho. Seperti pengalaman saya, pas saya menulis pake font bawaan Hp ataupun PC, seringkali saya mengalami pemberhentian mendadak di tengah jalan, dan sering juga perjalanannya tidak saya lanjutkan.

Tau kan font bawaan Hp dan PC?

Font calibri/arial kalo nggak salah. Pake font kayak gitu jujur saja ya, ngebosenin, bikin mata nggak nyaman. Dan benar, setelah saya ganti font defaultnya dengan font yang lebih bergaya, mood nulis saya meningkat drastis dan jujur saja saya merasa nyaman dan betah berlama-lama.

Saya pake font yang tidak kaku, yaitu font cocky cocky kalo nggak salah (bukan chocolat*s ya :D). Ciri-cirinya adalah tidak bersudut, dan sepertinya saya sering menemui font ini di novel-novel cewek (feminim) :D

Nah itu semua adalah penyebab yang menjadikanmu berhenti menulis di tengah jalan Sob. Dan sekarang adalah saatnya saya memberikan solusi biar semua masalah itu bisa teratasi tanpa kamu sadari :)

Ini dia beberapa hal yang harus kamu lakukan agar tulisanmu cepat terselesaikan.

Menentukan tujuan

Langkah pertama yang menjadi kunci kesuksesan menulis adalah menentukan Tujuan. Tujuan adalah inti dari sebuah tulisan, dengan menentukan tujuan maka kita akan lebih fokus dan lebih cepat menyelesaikan sebuah karangan.

Membaca materi yang berkaitan

Agar kita dapat menyelesaikan sebuah tulisan dengan cepat maka kita harus menguasai materinya dan membaca tulisan yang berkaitan (dalam bahasa kerennya "referensi"), maka karangan artikel yang kita buat akan cepat terselesaikan, karena nggak kehabisan materi. Ibaratnya motor ada bensinnya Sob.

Membuat draft awal (layout)

Membuat draft ibaratnya menentukan check point atau jalan-jalan yang harus dilalui. Dengan membuat draft, maka perjalanannya akan lancar tanpa hambatan (bahasa kerennya lancar jaya).

Menulis sekarang tanpa memikirkan kesalahan dan kekurangan

Tulis aja anjoott.. nggak usah mikirin kesalahan dan kekurangannya dulu, yang ting jadi dulu. Kalo baru nulis aja udah mikirin kekurangannya bakalan nggak jadi-jadi. Mikir kekurangan itu nanti di tahap editing.

Selesai

Hmm... saya rasa tips ini sangat manjur, karena dengan tips seperti ini saya sukses membuat artikel ini dengan baik dan lancar jaya.

Nggak percaya???

Buktikan aja sendiri Sob.

Dari saya sekian dulu tentang nulis artikel berhenti di tengah jalan. Jika kamu punya tips lainnya jangan sungkan-sungkan untuk menambahkannya di kolom komentar Sob, biar saya dan temen-temen pembaca setia blog ini tambah semangat nulis artikel blognya.

Jangan lupa bagikan ke temen-temen lainnya agar mereka juga mendapatkan manfaatnya dari tips manjur yang sudah saya share ini.

Semoga bermanfaat

Terima Kasih :)
Read More »

Daftar Prolog Novel yang Berkualitas

Daftar Prolog Novel yang Berkualitas


Halo Sob. Pada artikel kali ini saya akan membicarakan tentang kelompok prolog novel yang berkualitas. Jika anda saat ini sedang mencarikelompok prolog novel yang berkualitas, makaberikut jawaban sekaligus penyelesaian dari pertanyaan yang anda pertanyakan Sob.

Banyak sekali temen-temen yang keadaan bingung mencari kelompok prolog novel yang cocok dengan novel yang sedang dibuatnya. Padahal masalah semacam itu ialah masalah yang paling sederhana.

Berikut ini pertanyaan seputar prolog novel :

1. misal prolog perkenalan

2. misal prolog novel persahabatan

3. misal prolog novel singkat

4. misal prolog wattpad

5. misal prolog novel fantasi

6. misal prolog makalah (bukan Novel)

7. misal prolog perjuangan

8. prolog novel cinta

Baiklah, di tulisan ini saya bakal memberikansejumlah pilihan yang barangkali akan menciptakan masalah yang sedang anda permasalahkan menjadi terasa ringan, bahkan bakal merasa bahwa tersebut bukan masalah. Yuk.. Check it dot. Bacanya tidak boleh terlalu tegang Sob. Santai aja.

Untuk menggali prolog novel yang dan pas cocok dengan novel yang sedang anda buat, kamu dapat memilih sejumlah pilihan yang saya siapkan di tulisan ini. Namun sebelum anda memilih di antara atau salah semuanya,anda harus menilai dulu prolog novel laksana apa yang anda inginkan. Kamu pun harus menilai dulu genrenya, tentunya ialah genre novel yang cocok dengan genre novel yang hendak kamu buat.

Dengan teknik tersebut, maka anda akan dengan cepatmengejar prolog novel yang berbobot dan cocok dengan yang anda inginkan. Atau dalam bahasa kerennya yakni relevan.

Jadi gampangnya begini Sob. Kalau kamu hendak membuat novel dengan genre paranormal, maka carilah dan pilihlah prolog-prolog novel lyang bergenre paranormal, Kalo bergenre teen fiction, carinya yang teen Fiction, Kalo genrenya fan fiction, carinya yang fan fiction, kalo genrenya romance, carinya yang romance, kalo genrenya Science fiction maka carinya yang science fiction, dst. Jangan hingga salah Sob, sebab bakalan buat pembaca nggak penasaran sama isi novelmu.

Berikut ini ialah beberapa pilihan yang dapat kamu pilih cocok dengan selaramu Sob.

Prolog Novel di wattpad yang Sudah Diterbitkan atau Sedang dalam proses Penerbitan.

Jika anda memilih opsi yang kesatu ini, kamu melulu perlu menggali prolog novel di wattpad yang statusnya ialah sedang dalam proses penerbitan atau telah terbit. Karena statusnya sedang atau telah diterbitkan, maka telah dapat dijamin bahwa seluruh elemen yang terdapat di dalam novel itu berkualitas, termasuk pun prolognya. Jika tidak percaya silakan cek kini Sob.

Langkah-langkahnya ialah buka akun wattpadmu dan cari novel yang sedang trending atau yang poin ratingnya ramping (100-1), seringkali ada sejumlah novel yang terdapat tulisannya (sedang dalam penerbitan atau telah diterbitkan). Kemudian lihat dan simaklah prolognya, disitu anda akan mengejar prolog novel yang berkualitas. Pastikan novel yang anda cari relevan dengan novelmu.

Prolog Novel di Wattpad yang Viewernya Banyak Tapi Komentarnya sedikit

Di pilihan yang kedua ini barangkali sangat jarang anda temui, atau bahkan nggak ada, sebab semua novel yang terdapat di wattpad terlebih lagi yang viewernya banyak, tentu ada komentarnya.

Alright Sob. Maksud saya ialah prolog novel di wattpad yang tidak sedikit viewernya dan nggak terdapat komentar negatifnya berhubungan penyusunan kalimatnya maupun lainnya yang sehubungan dengan ketentuan-ketentuan prolog novel.

Untuk membuktikannya, coba anda baca dengan cermat prolog novel yang sudah anda temukan itu. Jika anda merasa nyaman dan tertarik untuk menyimak isi novelnya, maka dengan kata lain itulah misal prolog novel yang sedang anda cari Sob.

Prolog Novel yang Sudah Diterbitkan

Di pilihan yang ketiga ini nyaris sama dengan opsi yang kesatu . Yang membedakan ialah di pilihan yang kesatu medianya ialah wattpad. Berbeda dengan pilihan ketiga ini, yang memakai media langsung dari buku/novel yang telah diterbitkan.

Kekurangan dari pilihan yang kesatu ialah masih adanya bisa jadi kesalahan ataupun kelemahan dalam penulisan prolog novel yang terdapat di wattpad tersebut, karena dapat saja sesudah diterbitkan prolog novelnya merasakan perubahan pada ketika mendapat review dari kesebelasan editing penerbit.

Jadi kalo anda memilih pilihan yang ketiga ini pastinya lebih terjamin kualitasnya, sebab sudah pasti novel yang telah diterbitkan sudah melalui sekian banyak tahap review dan lolos.

Namun, andai kamu tidak cukup puas dengan pilihan ketiga ini, maka alternatifnya ialah opsi yang keempat.

Prolog Novel Milik Para Penulis Buku Best Seller dan Mega Seller.

Nah... nah... nah... ini dia prolog novel yang nggak butuh lagi diragukan kualitasnya. Buku novel best seller pastinya mempunyai kekuatan yang powerfull, maka prolog novel yang diciptakan oleh semua penulis best seller tentunya pun sudah terjamin kualitasnya, sebab mereka tahu betul tentang teknik membuat prolog novel yang dapat mengikat pembacanya. Di samping itu, mereka pun tak melalaikan ketentuan-ketentuan lazimnya yang cocok dengan aturan penulisan novel yang baik dan benar.

Pilihan ini menurut keterangan dari saya paling tepat untuk anda pilih, sebab ibaratnya andai kita memerlukan penuntun, maka mentor yang berpengalamanlah yang sesuai untuk menjadi penuntun.

Untuk menggali novel-novel best seller, kamu dapat mencarinya di google Sob. Biasanya tidak sedikit novel familiar yang telah dipost dalam format Pdf. Lumayan cuma-cuma lho hehe..

Selesai

Demikianlah tulisan tentang kelompok prolog novel yang berkualitas. Semoga dapat tidak banyak membukakan pikiranmu Sob. Semoga Bermanfaat :)
Read More »

Cara Membuat Donat Empuk Mengembang Tanpa Ribet dan Hasilnya Sempurna

Siapa sih di sini yang nggak pernah menyantap kue donat? Kue yang identik dengan lubang di tengahnya ini memang telah jadi camilan rakyat. Mulai dari anak-anak sampai orang tua, tentu nya semua orang suka jajanan ini. Resep teknik membuat donat juga sudah tidak sedikit yang telah beredar dengan sekian banyak cara dan varian. So anda tidak harus membeli di toko kue untuk dapat menikmatinya.

Selain itu banyak juga temen-teman yang bertanya. Berikut ini Pertanyaannya :
  1. cara membuat donat empuk dan mengembang?
  2. cara membuat donat tanpa kentang?
  3. cara membuat donat kentang?
  4. cara membuat donat empuk dan mengembang sempurna?
  5. cara membuat donat jco?
  6. cara membuat donat empuk tahan lama?
  7. cara membuat donat goreng tanpa ragi?
  8. cara membuat donat kentang sederhana?
Dalam artikel kali ini, saya akan menyiapkan resep membuat donat yang pastinya mudah dan sederhana untuk menjawab semua pertanyaan itu Guys. step-stepnya gak pake ribet, bahan dan metodenya pun sudah diterangkan dalam tiap resep di bawah ini. Jangan sampai salah tahapan ya Guys, agar donat bikinanmu menjadi empuk dan dipastikan enak. Well, penasaran dengan resep itu? Yuk langsung saja periksa poin-poin di bawah ini!

Resep Cara Membuat Donat Original

Kamu dapat menikmati donat lunak yang enak dengan resep donat simpel ini.


Bahan:

  • Tepung terigu protein tinggi (500 gram)
  • Gula pasir (100 gram)
  • Ragi instan (11 gram atau 1 bungkus) 
  • Baking powder (1/4 sdt)
  • Garam (1/2 sdt)
  • Kuning telur (2) 
  • Mentega (100 gram) 
  • Susu cair (250 ml) 

Olesan:

  • Mentega
  • Cokelat yang sudah ditim
  • Meises cokelat
  • Selai
  • Gula halus
  • Sesusaikan dengan seleramu Guys

Cara Membuat Donat:

  • Campurkan gula, tepung terigu, ragi instan, baking powder, dan garam aduk dengan tangan.
  • Tambahkan kuning telur dan uleni sampai berbentuk butiran halus.
  • Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit. Uleni sampai tercampur rata.
  • Tambahkan mentega, uleni lagi dengan cara gerakan memutar, sesekali banting adonan. Lakukan sampai adonan kalis dan licin, kurang lebih 15 menit.
  • Kumpulkan adonan menjadi satu di baskom. Tutupi menggunakan kain bersih, dan diamkan selama 1 jam.
  • Tinju-tinju adonan sampai udara keluar dan adonan kempes.
  • Bagi adonan menjadi 30 bagian, buat bulatan berbentuk bola. Diamkan lagi selama kuran lebih 10 menit.
  • Lubangi masing-masing adonan, untuk hasil yang terbaik, lakukan menggunakan tangan.
  • Goreng donat dengan minyak panas menggunakan api yang kecil-sedang. Goreng satu bagian sampai menguning, lalu balik sampai semua bagian berwarna kuning keemasan.
  • Angkat, tiriskan dan tunggu sampai dingin.
  • Hias menggunakan toping sesuai selera anda.
Nah.. Demikianlah resep membuat donat yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat :)
Read More »

Cara Membuat Website Mudah Simpel dan Gratis

Cara Membuat Website Mudah Simpel dan Gratis

cara membuat website sebenarnya sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Tapi pada kenyataannya, sekarang anda membaca tulisan ini, itu artinya masih ada orang yang membuhkan tutorial tentang cara membuat website. Maka dari itulah saya membuatkan artikel ini dengan hiasan tutorial yang mudah dipahami dan simpel untuk dipraktekkan.

Berikut ini kata kunci yang sering dicari di internet terutama di google :


cara membuat website
membuat website
cara buat website
cara bikin website
cara membuat situs web
belajar cara membuat website
bagaimana cara membuat website sendiri
cara belajar membuat website
cara untuk membuat website sendiri
cara buat web site
bagaimana cara membuat wordpress
cara membuat site
panduan membuat website
bagaimana cara membuat website gratis
cara cara membuat website
belajar membuat website dengan wordpress
cara membuat web site
bagaimana cara membuat situs web
bagaimana membuat website
cara membuat blog
membuat website mudah
cara membuat website mudah
buat website mudah
cara membikin website
bagaimana cara membuat website
membuat situs web
cara membuat situs
cara membuat wordpress
cara membuat website dengan wordpress
cara daftar website
cara bikin webset
cara belajar membuat website sendiri
cara membuat web site gratis.

sebelum masuk ke tutorial cara membuat website alangkah baiknya anda mengetahui berbagai macam website yang bisa anda buat diantaranya adalah sebagai berikut.

website berbayar dan website gratisan.

Karena judulnya adalah Gratis maka saya akan membahas tutorial yang gratisan dulu.

Ada beberapa situs yang bisa anda gunakan untuk membuat situs web gratisan diantaranya adalah wordpress.com, blogger.com, joomla.com, dsb. Tapi kekurangan dari website gratis ini adalah anda harus menggunakan subdomain dari situs web tersebut. Misalnya anda menggunakan wordpress.com, maka anda hanya bisa menggunakan domain yang berakhiran wordpress.com (namadomain.wordpress.com). Jika anda menggunakan blogger.com maka anda harus menggunakan nama domain yang berakhiran blogspot.com (namadomain.blogspot.com), dan sebagainya.

Baiklah ini dia cara membuat website gratis menggunakan blogger.com

Silakan Baca Selengkapnya Cara Membuat Website di Blogger.com

Cara membuat Website Gratisan Menggunakan Wordpress.com

Silakan Baca disini

Nah.. Setelah anda melihatnya sendiri tentunya sudah selesai kan masalahnya??

Kalau belum puas silakan bisa contact saya melalui komentar atau contact saya yang ada di laman contact us. Terima Kasih

Semoga Bermanfaat :)

Read More »

Cara Membuat Email Menggunakan Gmail

Cara Membuat Email Menggunakan Gmail

Walaupun banyak orang yang sudah tau cara membuat email, namun banyak juga orang yang belum tau cara membuat email.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di google.

cara membuat email
daftar account baru
cara membuat email account
cara pembuatan email baru
cara membuat email baru
membuat emaill
cara daftar akun baru
cara untuk membuat email
daftar email
bagaimana cara membuat email baru
mendaftar akun baru
cara membuat account email
cara daftar akun
cara email
cara bikin akun baru
cara buat email
bikin email
buat akun email
buat akun baru
bikin email baru
cara membuat anak
cara buat email baru
cara buat akun
buat akun email baru
cara daftar email
cara membuat akun baru
bagaimana cara membuat email
cara bikin imel
cara cara membuat email
cara buat akun email
bikin alamat email baru
membuat akun email baru
bagaimana membuat email
cara membuat account
cara buat akun email baru
cara membuat email address
buat email gmail
buat gmail
buat gmail baru
buat email baru
membuat email baru
cara membuat email dengan mudah
membuat account email baru
email buat baru
buat akun google
cara membuat emaill
cara pendaftaran email
pembuatan akun email
gmail daftar
membuat account
gimana cara bikin email
cara bikin email
cara membuat email gmail
bagaimana cara membuat akun email
email baru
cara membuat akun
daftar email baru
cara mendaftar akun
bagaimana cara membuat alamat email
cara membikin akun
oke google cara bikin
buat email id
bagaimana membuat akun
download cara membuat email
bagaimana buat email
cara membuat account baru
cara pembuatan akun
cara membuat account email baru
gimana cara membuat akun
cara cara membuat akun
cara cara bikin email
gimana cara buat akun
bikin email baru google
cara buat akun imel
cara membuat email edu
bagaimana cara membuat google
membuat email

Maka dari itu saya akan memberikan tutorial membuat email step by step.

Ada banyak platfrom yang menyediakan fitur email gratis diantaranya adalah google yaitu gmail, yahoo = ymail, microsoft = hotmail dsb. fitur email yang disediakan oleh platfrom tersebut sangat mudah untuk digunakan dan jarang sekali mengalami gangguan.

Dari banyaknya platfrom gratis yang tersedia, saat ini yang menjadi email populer adalah gmail, karena dengan gmail maka kita bisa menggunakan semua fitur google dan masih banyak lagi manfaatnya. oleh karena itu, disini saya hanya akan menulis tutorial tentang cara membuat akun email menggunakan gmail.com.

Baiklah, sebelum mendaftar gmail alangkah baiknya anda mempersiapkan perlengkapannya dulu yaitu nomor telpon, smartphone/pc, koneksi internet dan alamat gmail yang keren hehe..

Nomor telpon akan anda gunakan untuk memenuhi salah satu syarat mendaftar gmail. nomor telpon yang anda gunakan harus masih aktif karena akan digunakan untuk verifikasi akun gmail.

Smartphone/pc dsb tentunya harus anda siapkan juga karena itu adalah peralatan wajib.

Setelah anda menyiapkan semuanya sekarang ikuti langkah di bawah ini dengan benar.
  1. buka browser (mozilla/chrome/internet explorer)
  2. Ketikkan di address bar "gmail.com"
  3. ada tombol sign in dan sign up. Pilih yang sign up.
  4. isikan semua kolom yang tersedia yaitu : Nama depan, Nama Belakang, Alamat email (yang anda inginkan), No Hp (yang masih aktif).
  5. Klik Tombol lanjutkan.maka akan ada halaman verifikasi no hp.
  6. pilih send by sms, maka akan muncul kolom kode verifikasi. 
  7. cek sms masuk di hp. lihat kode verifikasinya dan masukkan ke kolom verifikasi yang ada di browser. 
  8. klik verifikasi.
  9. jadilah sudah email dengan gmail anda. Good Job :)
Demikianlah Cara membuat email menggunakan gmail. Mudah kan?

Semoga bermanfaat :)
Read More »

Hubungan Pola Pendidikan Masa Khulafaur Rasyidin Dengan Pola Pendidikan Di Madin Ar-Rohmah

Hubungan Pola Pendidikan Masa Khulafaur Rasyidin Dengan Pola Pendidikan Di Madin Ar-Rohmah

Author : Faidatus Salamah

Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Islam adalah agama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw sebagai nabi dan rasul terakhir untuk menjadi pedoman hidup seluruh manusia hingga akhir zaman. Sehingga pendidikan agama islam berarti "usaha-usaha secara sistematis dan pragmatis dalam membantu anak didik agar mereka hidup sesuai dengan ajaran Islam".

Adapun pengertian lain pendidikan agama islam secara alamiah adalah manusia tumbuh dan berkembang sejak dalam kandungan sampai meninggal, mengalami proses tahap demi tahap. Demikian pula kejadian alam semesta ini diciptakan Tuhan melalui proses setingkat demi setingkat, pola perkembangan manusia dan kejadian alam semesta yang berproses demikian adalah berlangsung di atas hukum alam yang ditetapkan oleh Allah sebagai “sunnatullah”. Pendidikan, sebagai sebuah proses pengembangan potensi manusia dalam segala aspeknya, Sehingga Pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hidup dan kehidupan manusia.

Pada masa Rasulullah pendidikan itu bidang yang menjadi patokan perkembangan masyarakat muslim. Karena sudah pasti Rasulullah menyebarkan agama islam melalui bidang pendidikan. Yaitu dengan cara pertama bersembunyi-sembunyi didalam rumah para sahabat lalu terang-terangan yang dilakukan didalam masjid dan rumah pula.

Setelah Rasulullah wafat kekuasaan pemerintahan Islam dipegang oleh Khulafaur Rasyidin dan wilayah Islam telah meluas di luar jazirah Arab. Para khalifah ini bukan hanya memperhatikan aspek pendidikan, namun juga syiar agama dengan perluasan ekspansi militer, demi kokohnya Negara Islam.

Khulafaur Rasyidin mendirikan lembaga pendidikan yang dibentuk setelah masjid, dan pusat pembelajaran pada masa ini adalah di Madinah, sedangkan yang bertindak sebagai tenaga pendidik adalah sahabat rosul yang terdekat, lembaga pendidikan Islam adalah masjid, masjid dijadikan sebagai benteng pertahanan rohani, tempat pertemuan dan lembaga pendidikan Islam, sebagai sholat berjamaah, membaca Al-Qur’an, dan lain sebagainya.

Meski pada masa Khulafaur Rasyidin yang belum terstruktur tetapi perlu diterapkan pada rekontruksi pola pendidikannya karena cara pembelajaran yang langsung diajarkan oleh Rasulullah Saw. Dan pelajaran yang harus sampai ke sanad Rasulullah Saw. Untuk mengembakan jiwa potensi yang berakhlakul karimah. Apalagi pada masa sekarang banyak sekali yang menomor duakan ilmu agama yang menganggap bahwa yang diperlukan itu adalah ilmu umum demi mendapatkan suatu lapangan pekerjaan yang lebih menghasilkan.

Zaman Modern sekarang ini, banyak anak muda yang sudah meninggalkan sejarah, terutama tentang sejarah pendidikan islam. Dimana sejarah memberikan pemahaman tentang Pendidikan islam pada zaman Rasulullah Saw sampai sekarang ini. Namun, pada kenyataannya banyak sekali sejarah-sejarah islam yang sedikit demi sedikit dihapuskan dari sanubari ummat islam sehingga ummat islam lupa akan identitasnya sebagai muslim.

Adanya pemikiran yang hanya mementingkan masalah dunia maka diperlukan suatu lembaga yang mendalami ilmu agama untuk menjadi dasar dari adab setiap manusia. Karena sesungguhnya yang lebih penting itu adab atau moral dari pada ilmu.

Hubungan Pola Pendidikan Masa Khulafaur Rasyidin dengan Pendidikan di Madin Ar Rohmah

Pada masa sekarang telah berdiri suatu tempat belajar mengajar di daerah yang bernama Banyurip Ageng yang dinamakan Madin Ar Rohmah (Masjid Diniyah Ar Rohmah). Yang di Kepalai oleh Kyai Ahmad Mahtum dan diwakili oleh Kyai Khudlori .Dimana Masjid Ar Rohmah itu berdekatan dengan Pondok Pesantren Roudlotul Huffadz. Masjid Ar Arohmah berdiri pada tahun 1884 M/1300 H sedangkan proses belajar mengajar tersebut dimulai sejak tahun 2015. Yang awalnya hanya terdiri dari 4 kelas, 2 kelas untuk putra dan 2 kelas untuk putri. Dan Madin Ar Rohmah mulai berkembang sehingga terdiri dari 8 kelas, 4 untuk kelas putra dan 4 kelas yang lain untuk 4 putri. 

Selain dalam kegiatan belajar para siswa Madin sering bekerja sama dengan para santri-santri yang ada di Pondok Pesantren seperti bekerja sama dalam kegiatan Isra' Mi'raj, Rajaban, Maulid Rasul, dan acara perayaan keagamaan lainnya. Untuk diajarkan lebih menghidupkan Islam, Sehingga para murid di Madin Ar Rohmah mengetahui bahwa pentingnya mengenal sejarah-sejarah keislaman yang menjadikan penguatan pondasi islam di generasi sekarang.

Para ulama setempat menjadikan masjid sebagai tempat menyebarkan agama Islam, tidak hanya sebagai tempat ibadah sholat saja. Tetapi juga sebagai tempat penyebaran ilmu-ilmu agama. Metode ini juga dilakukan oleh para khalifah dahulu pada masa Khulafaur Rasyidin (Abu Bakar As Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib). Para ulama setempat mengajarkan isi Al-Qur'an dan ajaran islam lainnya seperti fiqib di Madin Ar Rohmah. Setiap pagi warga setempat dari kalangan bapak-bapak dan ibu- ibu berkumpul untuk mendengarkan kajian ilmu dari para alim ulama yang megjar disana sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Selesai jamaah shokat subuh mereka tidak pulang, tetapi mereka melanjutkan kegiatan keagamaan untuk mengkaji ilmu agama. 

Tidak hanya itu setiap sore juga diadakan kegiatan yang sama di Madin Ar Rohmah namun diikuti oleh murid-murid dari kalangan remaja. Mereka adalah murid-murid yang telah menamatkan pendidkan di lembaga normal seperti TPA atau TPQ pada umumnya. Di Madin ini mengajarkan tentang membaca, menulis, bahkan menghafal Al-Qur'an (bagi yang ingin menghafal). Mereka mengkaji kitab-kitab kuning yang berisi ilmu fiqih, aqidah, tasawuf, tauhid, tafsir, ilmu alat seperti nahwu dan shorof, dan lain-lain.

Pada masa Khulafaur Rasyidin juga berdiri lembaga pendidikan agama di beri nama khuttab, yaitu pada masa Khalifah Abu Bakar materi yang diajarkan juga sama seperti di Madin Ar Rohmah. Para murid diajarkan membaca dan menulis tentang Al-Qur'an dan pokok-pokok agama islam seperti ilmu Tauhid yang mengajarkan keimanan, ilmu tasawuf untuk mengajarkan akhlak, ilmu fiqih mengajarkan tata cara beribadah dan lain-lain.

Dengan adanya pengajaran ilmu Agama Islam di Madin ar Rohmah akan terbentuk pikiran, gerakan dan usaha untuk mengubah paham atau adat istiadat yang menyimpang dari ajaran islam. Agar mereka tidak terseret pada paham fatalisme, syirik, fanatisme, dan lain-lain. Warga setepmat juga diharapkan berpegang teguh pada ajaran islam 6ang telah diajarkan para alim ulama dalam menghadapi Era Modern.

Sistem yang ada di Madin Ar Rohmah menggunakan sistem tingkatan sesuai kadar kemampuan murid-murid. Sedangkan pada zama Rasulullah dan para sahabat menggunakan 2 tingkatan dalam pendidikan yaitu tingkat menengah dan tingkat tinggi. Tingkat menengah gurunya belum mencapai status ulama besar sedangkan tingkat tinggi para pengajarnya adalam ulama yang telah diakui masyarakat kesalehannya memiliki pengetahuan yang sangat mendalam. Meskipun berbeda sistemnya tapi cara pengajar di Amdin Ar Rohmah tetapi sampai sanadnya ke Rasulullah Saw.

Dengan konteks pendidikan antara Madin Ar Rohmah dan Khuttab di zaman pendiddikan Khulafaur Rasyidin memiliki hubungan erat dalam menyebar luaskan ajaran Islam. Karena mutlak bagi umat Islam untuk melanjtukan dan mengembangkan oengetahuan Islam agar Agama Islam tetap berdiri san semakin menyebar di berbagai penjuru. Dengan itu tanpa adanga lembaga pendidikan maka sulit bagi masyarakat untuk mencapai tujuan yang semestinya sebagai tombak Umat Islam.
Read More »

Contoh Materi Khutbah Jumat Pertama dan Kedua Berserta Doanya - Edisi Bulan Rajab (Isro' Mi'roj)

Contoh Materi Khutbah Jumat Pertama dan Kedua Berserta Doanya - Edisi Bulan Rajab (Isro' Mi'roj)

Berikut ini adalah Contoh Materi Khutbah Jumat Pertama dan Kedua Berserta Doanya - Edisi Bulan Rajab (Isro' Mi'roj). Materi ini dibuat secara singkat dan jelas Tetapi Lengkap:

الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ الزّمَانِ وَفَضَّلَ بَعْضَهُ عَلَى بَعْضٍ فَخَصَّ بَعْضُ الشُّهُوْرِ وَالأَيَّامِ وَالَليَالِي بِمَزَايَا وَفَضَائِلِ يُعَظَّمُ فِيْهَا الأَجْرُ والحَسَنَاتُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ علَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدٍ وَعَلَى آلِه وأصْحَابِهِ هُدَاةِ الأَنَامِ في أَنْحَاءِ البِلاَدِ. أمَّا بعْدُ، فيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِ


فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ:

يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Suatu hari Rasulullah bersama sahabatnya mendapati situasi krisis air. Hingga waktu shalat Ashar tiba, mereka yang berikhtiar mencarinya di berbagai tempat tidak berhasil memperolehnya. Air yang tersedia hanyalah air sisa yang jumlahnya tak banyak.

Dalam situasi tersebut, Nabi melakukan sesuatu yang membuat orang tercengang. Rasulullah memasukkan tangan beliau ke dalam air sisa yang berada dalam sebuah wadah itu dan berseru kepada para sahabatnya, "Ayo mulailah berwudhu. Barakah datang dari Allah."

Para sahabat menyaksikan di sela-sela jari Nabi memancar air. Para sahabat tak hanya bisa wudhu dengan sempurna, tapi juga menghilangkan rasa haus karena air juga bisa diminum. Kisah ini bisa kita temukan dalam 'Umdatul Qari' Syarah Shahih Bukhari.

Yang menarik dari cerita tadi adalah kata-kata Rasulullah tentang "al-barakah mina-Llâh". Kisah tersebut menunjukkan bahwa berkah bersumber dari Allah, bukan manusia, air, pohon, matahari, atau lainnya. Meskipun, objek yang diberkahi itu bisa apa saja, termasuk air dan jemari Nabi. Krisis air bukan halangan bagi para sahabat untuk beribadah, bahkan mereka bisa sekaligus menyaksikan mukjizat Nabi yang tentu kian meningkatkan keteguhan iman mereka.

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah,

Dalam Lisanul Arab, "barakah" dimaknai sebagai an-mâ' waz ziyâdah, tumbuh dan bertambah. Sebagian ulama merinci lagi bahwa berkah adalah bertambahnya kebaikan (ziyâdaatul khair). Kebaikan yang dimaksud tentu bukan kenikmatan duniawi, melainkan tingkat kesadaran kita kepada Allah, taqarrub ilallah.

Berkah dengan demikian tidak terkait dengan banyak atau sedikitnya harta benda. Orang yang kaya raya bisa jadi tidak mendapat keberkahan hidup ketika harta bendanya justru membuatnya merasa perlu dihormati, merendahkan orang miskin, berfoya-foya, atau untuk aktivitas maksiat. Sebaliknya, kemiskinan bisa mendatangkan berkah saat hal itu melatihnya bersabar, mensyukuri nikmat, atau bersikap baik kepada tetangga.

Berkah juga tidak harus berhubungan dengan kesehatan. Sebab, kondisi sakit pun kadang bisa membuat orang instrospeksi diri (muhasabah), tobat, dzikir, dan mengingat-ingat hak-hak orang lain yang mungkin ia langgar. Meskipun, sakit pun juga bisa berbuah malapetaka ketika seseorang justru lebih banyak mengeluh, mencibir karunia Allah, atau melakukan sesuatu yang melampaui batas.

Tempat yang berkah tak mesti subur, sejuk, atau yang pemandangannya indah. Buktinya Allah memberi keistimewaan kepada tanah Makkah yang gersang. Begitu pula dengan waktu. Waktu yang berkah belum tentu saat-saat hari raya atau hari berkabung. Tapi keberkahan waktu itu datang manakala segenap peristiwa di dalamnya membuat kita sekain dekat dengan Allah.

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah,

Terkait dengan berkah atau barokah, Rasulullah memberi teladan kepada umatnya untuk memanjatkan doa ketika memasuki bulan Rajab:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan haram, artinya bulan yang dimuliakan. Dalam Islam, terdapat empat bulan haram di luar Ramadhan, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Saat tiba waktu Rajab, yang Rasulullah minta adalah keberkahan bulan ini, lalu keberkahan bulan Sya’ban, hingga ia dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan.

Saat bulan Rajab tiba, Rasulullah tidak memohon kekayaan, kesehatan, atau kenikmatan duniawi secara khusus. Beliau berdoa agar dilimpahi keberkahan di bulan Rajab dan Sya’ban seiring dengan menyongsong bulan Ramadhan. Secara tidak langsung, doa ini adalah permohonan panjang umur. Tentu saja bukan sekadar usia panjang, tetapi usia yang bermanfaat untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Inti dari berkah adalah peningkatan taqarrub kita kepada Allah, sehingga kepribadian kita diliputi oleh sifat-sifat yang mencerminkan perintah Allah: jujur, adil, rendah hati, peduli sesama, penyayang, tidak serakah, tidak gemar menggunjing atau menghakimi orang lain, dan lain sebagainya. Kita juga semakin rajin memaknai setiap aktivitas kita atas dasar nilai ibadah. Bekerja untuk menafkahi keluarga karena Allah, ikut kerja bakti tingkat RT karena Allah, bertegur sapa dengan tetangga karena Allah, dan seterusnya.

Apakah kita tak boleh berdoa memohon harta atau kesehatan di bulan Rajab ini? Tentu saja boleh. Hanya saja, yang lebih penting dari banyaknya kekayaan dan kesehatan adalah berkah, yakni suatu kondisi yang mampu menambah ketaatan kita kepada Allah subhanahu wata’ala.

Diterangkan dalam Shahih Bukhari, Rasulullah sendiri pernah mendoakan sahabatnya, Anas dengan pernyataan:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالَهُ، وَوَلَدَهُ، وَبَارِكَ لَهُ فِيمَا أعْطَيْتَهُ

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anaknya serta berkahilah karunia yang Engkau berikan kepadanya.”

Kata berkah di sini merupakan kunci dari segenap nikmat lahiriah. Dengan keberkahan seseorang tidak hanya kaya harta tapi juga kaya hati: merasa cukup, bersyukur, dan tidak tamak; tidak hanya mementingkan kuantitas anak, tapi juga kualitasnya yang shalih, cerdas, dan berakhlak.

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah,

Dari uraian ini jelas bahwa bulan Rajab menjadi berkah tatkala ada perkembangan dalam diri kita terkait kedekatan dan ketaatan kita kepada Allah. Ketika keberkahan itu datang, secara otomatis kualitas kepribadian kita pun meningkat, baik dalam kondisi sulit maupun lapang, sehat maupun sakit, punya banyak utang maupun dilimpahi keuntungan.

Keberkahan di bulan Rajab dan Sya'ban ini penting mengingat kita akan menghadapi bulan Ramadhan, bulan yang jauh lebih mulia dan berlimpah keutamaan. Semoga kita menjadi pribadi-pribadi yang senantiasa diberkahi, senantiasa diberi petunjuk, dan dipanjangkan umurnya hingga bisa menjumpai Ramadhan. Wallahu a'lam.

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنْ آيَةِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم


اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا


أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Bulan Rajab, Bukan Bulan Biasa

الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ الزّمَانِ وَفَضَّلَ بَعْضَهُ عَلَى بَعْضٍ فَخَصَّ بَعْضُ الشُّهُوْرِ وَالأَيَّامِ وَالَليَالِي بِمَزَايَا وَفَضَائِلِ يُعَظَّمُ فِيْهَا الأَجْرُ والحَسَنَاتُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ علَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدٍ وَعَلَى آلِه وأصْحَابِهِ هُدَاةِ الأَنَامِ في أَنْحَاءِ البِلاَدِ. أمَّا بعْدُ، فيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِ

فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ


Jamaah shalat Jumat hadâkumullah,

Tak terasa kita kembali memasuki bulan Rajab. Entah karena kesibukan atau waktu kita yang kurang berkah, perjalanan hidup serasa semakin cepat. Tiba-tiba saja kita bertambah tua. Tiba-tiba saja kita menapaki kembali bulan Rajab. Tiba-tiba saja kita akan menghadapi bulan Sya’ban lalu bulan suci Ramadlan. Sejatinya, tidak ada istilah “tiba-tiba”, karena waktu berjalan linier seperti lazimnya, kecuali timbul dari perasaan pribadi lantaran sikap abai alias tidak peduli.

Bulan Rajab adalah bulan istimewa. Dalam kitab I‘anatut Thalibin dijelaskan bahwa “Rajab" merupakan derivasi dari kata “tarjib” yang berarti mengagungkan atau memuliakan. Masyarakat Arab zaman dahulu memuliakan Rajab melebihi bulan lainnya. Rajab biasa juga disebut “Al-Ashabb” (الأصب) yang berarti “yang mengucur” atau menetes”. Dijuluki demikian karena derasnya tetesan kebaikan pada bulan ini.

Bulan Rajab bisa juga dikenal dengan sebutan “Al-Ashamm” (الأصم) atau “yang tuli”, karena tidak terdengar gemerincing senjata pasukan perang pada bulan ini. Julukan lain untuk bulan Rajab adalah “Rajam” (رجم) yang berarti melempar. Dinamakan demikian karena musuh dan setan-setan pada bulan ini dikutuk dan dilempari sehingga mereka tidak jadi menyakiti para wali dan orang-orang saleh.

Allah memasukkan bulan Rajab sebagai salah satu bulan haram alias bulan yang dimuliakan.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. (QS. At-Taubah:36)

Bulan haram adalah empat bulan mulia di luar Ramadlan, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Disebut “bulan haram” (الأشهر الحرم) karena pada bulan-bulan tersebut umat Islam dilarang mengadakan peperangan.

Memang beberapa hadits dla’if, bahkan palsu, yang menjelaskan secara eksplisit tentang gambaran pahala amalan-amalan tertentu pada bulan Rajab. Namun demikian, bukan berarti tidak ada keutamaan menjalankan ibadah, misalnya puasa, dalam bulan Rajab. Justru puasa menjadi istimewa karena dilakukan pada bulan istimewa. Hanya saja, seberapa besar pahala yang akan didapat, Allahu a’lam. Hanya Allah yang tahu. Tugas hamba adalah menghamba kepada Allah dan seyogianya tak terikat dengan pamrih apa saja.

Dalam hadits riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad dikatakan:

صُمْ مِنَ الْحُرُمِ


“Berpuasalah pada bulan-bulan haram.”

Imam Al-Ghazali dalam Ihya’ Ulumid-Din menyatakan bahwa kesunnahan berpuasa menjadi kian bernilai bila dilakukan pada hari-hari utama (al-ayyam al-fadhilah). Hari- hari utama ini dapat ditemukan pada tiap tahun, tiap bulan, dan tiap minggu. Terkait siklus bulanan ini Al-Ghazali menyatakan bahwa Rajab masuk dalam kategori al-asyhur al-fadhilah di samping Dzulhijjah, Muharram dan Sya’ban. Rajab juga terkategori al-asyhur al-hurum di samping Dzulqa’dah, Dzul Hijjah, dan Muharram.

Jamaah shalat Jumat hadâkumullah,

Keitimewaan bulan Rajab juga terletak pada peristiwa ajaib isra’ dan mi’raj Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam. Peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rajab tahun 10 kenabian (620 M). Itulah momen perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha lalu menuju ke sidratul muntaha yang ditempuh hanya semalam. Dari peristiwa isra’ dan mi’raj ini, umat Islam menerima perintah shalat lima waktu. Begitu agungnya peristiwa ini hingga ia diperingati tiap tahun oleh kaum muslimin di berbagai belahan dunia.

Saat memasuki bulan Rajab, Rasulullah memberi contoh kita untuk membaca:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.”

Khatib mengajak diri sendiri dan jamaah sekalian agar tidak menyianyiakan bulan yang agung ini. Dari berbagai keterangan yang disebutkan tadi, sangat jelas bahwa bulan Rajab memiliki keutamaan lebih di atas bulan-bulan pada umumnya. Ia adalah momen untuk meningkatkan kualitas diri, baik tentang kedekatan kita kepada Allah (taqarrub ilallâh) maupun perbuatan baik ('amal shâlih) kita kepada sesama. Belum tentu tahun berikutnya kita akan berjumpa dengan kesempatan merasakan kembali bulan Rajab. Saatnya menyisihkan fokus kita kepada bulan mulia ini di tengah kesibukan duniawi kita yang melengahkan. Wallahu a’lam.

Kata Kunci Terkait :

contoh khutbah singkat

contoh khutbah jumat lengkap

contoh khutbah jumat singkat dengan doa

contoh khutbah jumat pertama dan kedua

contoh khutbah shalat jumat

contoh teks khutbah jumat

contoh khutbah jumat singkat tentang sholat

contoh khutbah singkat tentang menuntut ilmu
Read More »

Cara Meningkatkan Visitor Blog Menggunakan Domain TLD

Pada postingan kali ini saya akan sedikit membocorkan rahasia meningkatkan pengunjung organik menggunakan domain tld.

Apa yang anda pikirkan tentang domain tld?

Pasti anda berpikiran bahwa domain tld adalah salah satu cara meningkatkan rangking search engine. Dalam kata lain, domain tld mampu mengalahkan domain gratisan dengan cepat.

Hmm.. jika anda berpikiran seperti itu berarti anda masih salah dalam menilai search engine ranker.

Khususnya google,  peringkat artikel tergantung pada tingkat relevansinya. Jika konten yang dimuat dalam blog tersebut sesuai dengan kriteria google, maka konten tersebut akan mendapatkan rangking yang baik di mata google. Selain itu, yang tak boleh diabaikan adalah user faktor (pengunjung blog). Jika konten yang anda buat disukai oleh user, maka google juga akan menilai bahwa konten anda layak untuk diberi peringkat yang tinggi.

Lantas apa kaitannya domain TLD dengan kepercayaan blog? Apakah dengan konten yang berkualitas belum cukup?

Sebenarnya hanya dengan konten yang berkualitas sudah cukup, jika brand anda sudah terkenal. Tetapi bagi anda yang baru memulainya tentunya dengan konten yang berkualitas saja belum cukup.

Katakanlah, posisi artikel anda ada di page one google. Tapi domain blog anda menggunakan domain gratisan. Sedangkan pesaing anda ada 9 dengan konten yang kualitasnya sama tetapi mereka menggunakan Domain TLD. Menurut pengalaman saya, klik ratenya lebih kecil (yang ngeklik sedikit) dibandingkan dengan pesaing yang menggunakan domain tld. Jika dibandingkan mungkin 1:100.

Kenapa hal itu bisa terjadi??

Jawabannya sangat simpel. Bayangkan anda sedang mencari sebuah artikel di google. Dan anda menemukan 10 artikel di halaman satu google. Jika anda disuruh memilih, artikel mana yang akan anda klik? Disana ada 9 domain TLD dan satu domain gratisan?

Nah.. silakan dipikir sendiri :v

Belum lagi jika konten yang anda posting adalah konten yang bersifat keilmuan dan formal, tentunya akan lebih terlihat dampaknya.

Contoh sederhananya ketika anda mencari artikel tentang jurnal. Tentunya anda akan memilih website yang mempunyai otoritas yang tinggi dibandingkan website gratisan. Maka domain tld lah yang juga menjadi faktor dari otoritas website/blog itu sendiri.

Sudah sangat jelas kan pemaparan saya di atas?

Intinya adalah user akan lebih memilih blog/website yang dianggap professional. Dan domain TLD adalah sudah menjadi sebuah rahasia umum yang ampuh untuk diterapkan :)

Demikianlah artikel teknik meningkatkan kepercayaan blog. Semoga anda bisa sedikit tercerahkan. Namun jika anda masih bingung, anda bisa bertanya melalui kolom komentar.

Semoga bermanfaat :)

Read More »

[Video] Cara Cetak Foto Ukuran 2X3 dari Foto yang Sudah Jadi

Cara cetak foto ukuran 2x3 dari foto yang sudah jadi

Hallo Sob, kali ini saya akan memberikan turorial cara cetak foto menggunakan foto yang sudah jadi (sudah dalam bentuk kertas). Jadi anda tidak perlu foto lagi untuk mencetak foto. Anda juga tidak perlu menggunakan dvd/vcd/file foto untuk mencetak foto.

Intinya kita bisa mencetak foto menggunakan foto yang sudah dicetak dalam bentuk kertas.

Pengen tau caranya???

Silakan ikuti tutorial di bawah ini:

Sebelum kita mengeksekusinya tentunya ada beberapa peralatan yang kita butuhkan yaitu meliputi software dan hardware dan Kertas fotonya:

Hardware : 

  1. PC/laptop
  2. Printer yang ada scannya. Kalau saya memakai Printer HP diskjet 2050 J510 Series. dan untuk cetak fotonya saya menggunakan Printer Epson L310 series karena printer HPnya sudah rusak. 


Software :

  1. Photoshop.
  2. Coreldraw.
  3. Driver Printernya. Sesuaikan dengan printer yang anda miliki.
Baiklah jika anda sudah mempunyai peralatannya, sekarang kita eksekusi.

Langkah-langkah Cetak Foto : 

  1. Masukkan Foto yang mau di cetak ke scanner printer.
  2. Buka photoshop Pilih file - Import - pilih driver scannya.
  3. Muncul menu scan. atur kertasnya Pilih saja A4 dan langsung klik Scan. Tunggu sampai proses scan selesai.
  4. Atur sesuai dengan ukuran foto. Kemudian Pilih Done
  5. Edit sedikit fotonya menggunakan Photoshop agar terlihat lebih Pas.
  6. Jika sudah selesai save as foto dengan format jpg.
  7. Buka coreldraw
  8. Atur kertas dengan ukuran A4.
  9. Buat sebuah kotak dengan ukuran 2x3cm atau sesuai dengan selera anda.
  10. Drag and Drop foto yang sudah discan dari tempat penyimpanan ke coreldraw.
  11. Masukkan foto ke kotak yang sudah di atur dengan cara klik kanan dan tahan, kemudian seret ke dalam kotak tersebut dan pilih powerclip inside. Atur foto yang sudah masuk di kotak dengan cara klik kanan dan pilih edit content. Jika sudah selesai klik kanan pilih finish editing object.
  12. Jika ingin menduplikasi foto caranya klik alt+f7 (transformation). (jika belum jelas bisa lihat di video).
  13. Langkah selanjutnya adalah print (tekan ctrl+P) dan atur printer yang akan digunakan. 
  14. pilih properties. atur Document size = A4, Paper Type = Premium Glossy (jika menggunakan printer Epson, maka tulisannya adalah Epson Premium Glossy), Quality = High, Klik OK.
  15. Selanjutnya adalah lihat tampilannya untuk memastikan letak fotonya sudah tepat atau belum. Jika sudah siapkan kertas foto di printer. Dan tinggal klik print saja, tunggu sampai proses print /cetak foto selesai.
Demikianlah tutorial cetak foto yang dapat saya sampaikan. Untuk lebih jelasnya bisa cek video di bawah ini. Semoga bermanfaat :)


Read More »

Sejarah Pasar Modal Indonesia dan Pengertiannya

Sejarah Pasar Modal Indonesia dan Pengertiannya


Sejarah Pasar Modal Indonesia


Sudah tahukah kamu sejarah Pasar Modal Indonesia dan Pengertiannya? Jika kamu belum tahu, yuk simak artikel berikut ini dengan seksama. Kiita masuk dulu ke pembahasan yang pertama yaitu tentang sejarah Pasar Modal Indonesia. Check it.

Pada tanggal 14 Deesember 2912, pemerintah Hindia Belanda mendirikan Vereninging voor de effecttenhandel di Batavia, sebagai cikal bakal berdirinya Pasar Modal di Indonesia. Tujuan mendirikan Vereninging voor de Effectenhandel adalah untuk menghimpun dana dari para pengusaha sektor perkebunan yang berasal dari Hindia Belanda dan orang- orang Eropa. Sampai sekarang Pasar Modal di Indonesia mengalami berbagai macam perkembangan dari perubahan.

Berikut adalah sejarah perkembangan Pasar Modal di Indonesia;


  • Tahun 1912, sudah dibentuk Bursa Efek di Batavia. Tujuan awal dibentuknya Bursa Efek di Batavia adalah untuk menghimpun dana dari para pengusaha-pengusaha perkebunan saat itu berasal dari Hindia Belanda dan orang-orang Eropa. Saham atau Efek yang diperdagangkan pada saat itu adalah saham dan obligasi perusahaan Belanda di Indonesia maupun yang diterbitkan oleh pemerintah Hidia Belanda.
  • Pada tahun 1950 Pemerintah menerbitkan Obligasi. Penyelenggaraan bursa diserahkan kepada Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek-efek (PPUE).
  • Tahun 1951 dikeluarkan Undang-undang Darurat tentang Bursa No. 13 Tahun 1951, yang kemudian ditetapkan sebagai Undang-undang No. 15 tahun 1952.
  • Tahun 1976 didirikan Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam).
  • Tahun 1977 diresmikannya perdagangan di Bursa Efek di Jakarta (BEJ) diresmikan.
  • Tahun 1987-1988 dikeluarkan paket Deregulasi yang mengatur tentang diperbolehkannya investor asing melakukan akses di Bursa Efek Jakarta (BEJ).
  • Tahun 1989 didirikan Bursa Efek Surabaya (BES).
  • Tahun 1995 Undang-undang Darurat tentang Bursa No. 15 Tahun 1952 diganti dengan Undang-undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995
  • Tanggal 30 November 2007, Bursa Efek Surabaya (BES) merger dengan Bursa Efek Jakarta (BEJ) menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI).
  • Tahun 2011 diterbitkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa 

Keuangan (OJK). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berfungsi sebagai menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan (Pasal 5). Sementara itu, pasal 6 UU Nomor 21 Tahun 2011, tentang Otoritas  Jasa Keuangan (OJK), menjelaskan bahwa dalam melaksanakaan tugas pengaturan dan pengawasan, OJK melaksanakan tugas pengaturan dan pengawasan terhadap;


  • Kegiatan Jasa Keuangan di sektor perbankan
  • kegiatan jasa keuangan di sektor Pasar Modal
  • Kegiatan Jasa Keuangan di Sektor perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan lembaga jasa keuangan lainnya (pasal 6)


Untuk itu tugas dan fungsi Badan Pengawasan Pasar Modal (Bapepam) yang sebelumnya bertugas mengatur dan mengawasi Pasar Modal Indonesa di Indonesia, dilebur ke dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Nah seperti itulah sejarah tentang pasar modal Indonesia. Sekarang kita masuk ke pembahasan yang kedua yaitu pengertian pasar modal. Check it.

Pengertian Pasar Modal


Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, bahwa Pasar Modal adalah kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek perusahaan publik yang berkaitan dengan efek.

Pasar modal merupakan sebuah sarana yang dapat digunakan oleh emiten atau perusahaan yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahan serta investor yang membutuhkan tempat atau media untuk berinvestasi sehingga memperoleh keuntungan dari investasi di Pasar Modal.

Pasar Modal menyediakan berbagai macam produk investasi bagi investor seperti: saham, Obligasi, reksadana, dan surah berharga lainnya.

Kehadiran Pasar Modal di Indonesia memiliki peran yang sangat besar dalam ikut meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional. Pasar modal menunjang proses pembangunan, meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menciptakan pemerataan pembangunan nasional.

Simpelnya begini Sob. Pasar Modal adalah tempat untuk jual beli surat berharga Perusahaan yang Go Publik (perusahaan yang belakangnya ada title "Tbk"nya). Misalnya adalah PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Nah itu artinya kita bisa membeli perusahaan Indofood melalui Pasar modal.

Pasti anda bertanya-tanya, apa sih yang diperjual belikan?

Yang diperjual belikan adalah surat berharganya Sob, namanya saham. Saham perusahaan Go publik bisa dimiliki oleh siapa saja Sob, termasuk anda.

Terus muncul pertanyaan lagi, "Dimana belinya dan bagaimana cara membelinya?"

Belinya di Bursa Efek Indonesia, tentunya harus mendaftar dulu Sob.

Menurut IDX Jika anda ingin membeli saham, maka anda harus datang ke Perusahaan Sekuritas:


  • Disana akan disuruh mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak Perusahaan Sekuritas, yaitu formulir Pembukaan Sub Rekening Efek dan formulir Rekening Dana Investor (RDI).
  • Tentunya anda juga harus memberikan dokumen yang diperlukan, yaitu foto copy KTP yang berlaku dan (jika ada) NPWP serta fotocopy bagian depan buku tabungan yang akan didaftarkan dalam formulir Pembukaan Sub Rekening Efek.
  • Kemudian anda juga harus menyetorkan sejumlah uang sebagai dana awal ke rekening di bank RDI atas nama calon investor saham. Masing-masing broker menentukan deposit berbeda-beda (dimulai dari Rp100.000,-).
  •  Setelah disetujui, maka anda sudah siap bertransaksi !!!

Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca panduan langsung dari IDX disini

Selesai.

Demikianlah artikel Sejarah Pasar Modal Indonesia dan Pengertiannya. Semoga dengan adanya artikel ini anda yang tidak tahu menjadi tahu adanya peluang yang sangat menjanjikan itu. Semoga bermanfaaat.

Jika anda belum juga paham, maka anda bisa bertanya melalui kolom komentar.

Terima Kasih :)
Read More »

Contoh Kartu Peserta Lomba Burung .cdr

Contoh Kartu Peserta Lomba Burung .cdr

Contoh Kartu Peserta Lomba Burung .cdr

Inilah contoh kartu peserta lomba burung dengan desain sederhana. Anda dapat merubah, menambahi, ataupun memberi pernak-pernik yang unik sesuai dengan yang anda butuhkan.

Anda dapat mendownload filenya melalui link di bawah ini.

Download file .cdr Contoh Kartu Peserta Lomba Burung


Read More »

Biografi Lengkap Usmar Ismail

Google Trending Usmar Ismail
Biodata Usmar Ismail

Hayo siapa yang belum tahu Usmar Ismail?

Yuk simak artikel berikut ini.

Usmar Ismail Itu Siapa???

Usmar Ismail (Seorang Pria yang lahir pada tanggal 20 Maret tahun 1921 dan  meninggal pada tanggal 2 Januari tahun 1971 pada usia "49 tahun") ia adalah  seorang sastrawan sekaligus sutradara film di Indonesia. Ia terkenal sebagai pelopor perfilman di Indonesia. Usmar meninggal dunia sebab penyakit stroke.

Pendidikan dan Karier Usmar Ismail

Ia pernah sekolah di HIS, MULO-B, AMS-A II Yogyakarta. Ia mendapat   B.A. di bidang sinematografi dari Universitas California, Los Angeles, Amerika Serikat pada tahun 1952.

Pada masa pendudukan Jepang dia tergabung dalam Pusat Kebudayaan. Pada masa tersebut  pula ia menegakkan  dan menjadi ketua Sandiwara Penggemar "Maya" bareng  El Hakim, Rosihan Anwar, Cornel Simanjuntak, Sudjojono, H.B. Jassin, dll..

Ketika Belanda kembali bareng  tentara Sekutu, ia menjadi anggota TNI di Yogyakarta dengan pangkat mayor.

Ia aktif sebagai pengurus lembaga yang sehubungan  dengan teater dan film. Ia pernah menjadi ketua Badan Permusyawaratan Kebudayaan Yogyakarta (1946-1948), ketua Serikat Artis Sandiwara Yogyakarta (1946-1948), ketua Akademi Teater Nasional Indonesia, Jakarta (1955-1965), dan ketua Badan Musyawarah Perfilman Nasional (BMPN). BMPN mendorong pemerintah mencetuskan  "Pola Pembinaan Perfilman Nasional" pada tahun 1967. Ia dikenal sebagai pendiri Perusahaan Film Nasional Indonesia bareng  Djamaluddin Malik dan semua  pengusaha film lainnya. Lalu, ia menjadi ketuanya semenjak  1954 hingga  1965.

Dalam bidang keredaksian dan kewartawanan, ia pernah menjadi pendiri dan redaktur Patriot, redaktur majalah Arena, Yogyakarta (1948), "Gelanggang", Jakarta (1966-1967). Ia pun  pernah menjadi ketua Persatuan Wartawan Indonesia (1946-1947).

Ia pernah aktif dalam bidang politik. Ia pernah menjadi ketua umum Lembaga Seniman Muslimin Indonesia (Lesbumi) (1962-1969), anggota Pengurus Besar Nahdatul Ulama (1964-1969), anggota DPRGR/MPRS (1966-1969).

Setelah sempat menolong  Andjar Asmara menyutradarai Gadis Desa pada 1949, ia mengawali  debut penyutradaraan film lewat film Harta Karun. Ia dikenal luas secara internasional sesudah  menyutradarai film berjudul Pedjuang pada tahun 1961, yang mendokumentasikan kebebasan  Indonesia dari Belanda. Film ini ditayangkan dalam Festival Film Internasional Moskwa ke-2, dan menjadi film karya anak negeri kesatu  yang diputar dalam pesta rakyat  film internasional.

Di luar bidang-bidang tersebut, ia menjadi orang Indonesia kesatu  yang menegakkan  kelab malam, yaitu  Miraca Sky, di puncak gedung Sarinah pada akhir tahun 1960-an. Di samping  itu, ia pun  pernah menjadi pemimpin PT. Triple T.

Pengaruh Usmar Ismail

Ketika mempersiapkan Kafedo, Usmar memberi peluang  dan mendidik anak muda yang punya minat  dalam penyutradaraan film. Melalui program berikut  Nya Abbas Acup masuk ke dunia film. Ia pun  dikenal sebagai pencetak bintang. Nurnaningsih dan Indriati Iskak ialah  dua misal  orang yang karirnya dilejitkannya.

Darah dan Doa dirasakan  sebagai film nasional kesatu  di Indonesia.

Tanggapan Publik

Kritikus film memandang  karya-karyanya, laksana  Enam Djam di Jogja dan Dosa Tak Berampun, berisi  ciri Indonesiawi.

Pada masa penayangannya di Metropole Krisis unik  penonton berjubel sekitar  lima minggu.

Anak Perawan di Sarang Penyamun sempat diboikot peredarannya pada tahun 1962.

Penghargaan Usmar Ismail

Tahun 1962 ia menemukan  Piagam Wijayakusuma dari Presiden Soekarno. Pada tahun 1969 ia menerima Anugerah Seni dari Pemerintah RI. Setelah meninggal dia diusung  menjadi Warga Teladan DKI. Namanya diabadikan sebagai pusat perfilman Jakarta, yaitu  Pusat Perfilman H. Usmar Ismail. Di samping  itu, suatu  ruang konser di Jakarta, yaitu  Usmar Ismail Hall, adalah tempat peragaan  opera, musik, dan teater, yang dinamai cocok  namanya.

Karya Tulis

Drama

Mutiara dari Nusa Laut (1943)

Mekar Melati (1945)

Sedih dan Gembira (1950)

Daftar  Puisi

Puntung Berasap (1950)

Karya lainnya

Pengantar ke Dunia Film

Usmar Ismail Membawa Film (editor J.E. Siahaan) (1983)

Filmografi

Harta Karun (diangkat dari karya Moliere) (1949)
Tjitra (menurut  naskah dramanya) (1949)
Darah dan Doa (1950)
Enam Djam di Djogja (1951)
Dosa Tak Berampun (1951)
Terimalah Laguku (1952)
Kafedo (1953)
Krisis (1953)
Lewat Djam Malam (1954)
Lagi-Lagi Krisis (1955)
Tamu Agung (1955)
Tiga Dara (1956)
Delapan Pendjuru Angin (1957)
Asrama Dara (1958)
Pedjuang (1960)
Toha, Pahlawan Bandung Selatan (1961)
Amor dan Humor (1961)
Anak Perawan di Sarang Penjamun (1962)
Bajangan di Waktu Fadjar (1962)
Holiday in Bali (1963)
Anak-Anak Revolusi (1964)
Liburan Seniman (menurut  naskah dramanya) (1965)
Ja, Mualim (1968)
Big Village (1969)
Ananda (1970)

Source Wikipedia
Read More »

Jangan Pernah Jadi Karyawan Kalau Pingin Bebas

Burung Di Sangkar


Karyawan adalah topik yang akan saya bahas ada artikel ini. Saya rasa pembahasan ini sangat menarik untuk dijadikan sebuah tulisan. Itung-itung curhat juga, karena saat ini saya sedang terikat oleh penjara pekerjaan alias karyawan.

Why?

Apakah saya mendapatkan pekerjaan yang mengerikan?

Jawabannya adalah tidak. Jika anda membayangkan bahwa saya sedang bekerja semacam kerja rodi atau romusha? 

Bayangan anda salah seratus persen.

Yang sedang saya hadapi adalah masalah hati.

Yups.. masalah hati tak bisa dipungkiri. Sekuat apapun mental seseorang, secuek apapun dia, kalau sudah bermasalah dengan hati pasti akan jatuh juga.

Saya tidak akan membahas tentang masalah saya di lingkungan kerja saya melainkan akan membahas tentang bagaimana rasanya menjadi karyawan. Jika anda adalah karyawan, mungkin anda sudah tidak asing dengan pembahasan yang sampaikan dalam artikel ini. Tapi bagi anda yang belum pernah menjadi karyawan, maka pembahasan ini adalah pelajaran yang sangat berharga.

Tapi bagi anda yang sekarang menjadi karyawan tak ada salahnya untuk melanjutkan membaca artikel ini karena mungkin anda juga akan mendapatkan informasi yang mungkin belum anda sadari sebelumnya.

Baiklah akan saya mulai pembahasannya. 

Check It Dot.

Saya mulai dengan sebuah pertanyaan.

Bagaimana rasanya menjadi karyawan???

Menjadi karyawan itu enak, santai, terjamin, nggak pusing, dapet gaji, kayak di surga. Itu menurut saya karena saya bekerja di sebuah perusahaan yang fasilitasnya serba tercukupi.

Tentunya setiap orang mengalami nasib yang berbeda-beda dan tidak seberuntung saya, disana banyak yang lebih tersiksa hidupnya. Bahkan mereka tak segan-segan mengatakan hidupnya seperti di neraka. Ada yang karena gajinya rendah, bos yang galak, partner kerja yang tidak sportif, tempat kerja yang kurang nyaman, tetangga perusahaan yang suka cari masalah, dsb. Semuanya itu adalah masalah-masalah yang membuat hidup mereka seperti di neraka karena dipenuhi dengan kegalauan.

Namun, sayangnya dengan alasan mencari segenggam beras untuk menghidupi keluarga, mereka masih terus bertahan diantara kegalauan-kegalauan di setiap permasalahan. Hal itu yang menyebabkan hidupnya terkurung di dalam kotak karyawan. Ya ibaratnya hidup di zaman sekarang tapi tidak mengikuti zaman. 

Kalo saya mengibaratkan, Karyawan adalah anak kecil yang diberi uang, jika mau belajar dan ia tidak diperbolehkan keluar dari rumah selain sekolah. Jika dipaparkan akan menjadi seperti ini; anak kecil adalah karyawan, belajar adalah pekerjaannya, rumah adalah tempat kerjanya, sekolah adalah lingkungan keluarganya dan tugas keluar atas nama perusahaan.

Saya kira anda sudah bisa memahami pemaparan saya di atas. Dan menurut saya, nasib karyawan ada tiga macam, yaitu : 

1. Karyawan Bernasib Malang
2. Karyawan Bernasib Remang-remang, dan
3. Karyawan Bernasib Tenang

Ketiga nasib karyawan tersebut tidak ada yang beruntung, semuanya merugi, perhatikan penjelasan saya berikut ini.

Karyawan bernasib malang adalah karyawan yang mempunyai atasan galak dan gajinya sedikit. Itu sangat menyakitkan.

Karyawan bernasib remang-remang adalah karyawan yang setengah bahagia dan setengah sengsara. Separuh dari faktor adalah menyenangkan, dan separuhnya lagi menyakitkan. Misalnya atasan baik tapi gajinya rendah ataupun sebaliknya, dst. Itu juga menyakitkan, tapi masih mendingan.

Karyawan yang bernasib tenang adalah karyawan yang merdeka dengan pekerjaan yang menyenangkan atasan yang penyayang dan gaji yang bikin melayang terbang. Ya ibaratnya cuma duduk tapi dapet gaji. Enak ya?? 

Ups...

Menurut saya ketiga macam karyawan itu sama-sama sengsara.

Why???

Mereka sama-sama terkurung di dalam penjara. Pikiran mereka bagaikan di dalam box yang sewaktu-waktu bakalan frustasi. Mungkin penggambaran yang lebih jelasnya adalah seekor burung yang di kurung. Tiap hari dikasih makan, dan suatu ketika orang yang merawatnya pergi entah kemana. Burung yang ada di sangkar pun mati tak bernyawa. (Kalo mati pasti tak bernyawa gan :D).

If Else??

Yang punya burung sudah bosan dengan burung yang di rawatnya karena tak kunjung menghasilkan apa yang diharapkan oleh orang yang merawatnya, sehingga orang itu marah, lalu melepaskan burung itu. 

Apa yang terjadi??

Burung itu tidak bisa terbang jauh karena ia kebingungan mencari tempat persinggahan. Ia juga tidak tahu cara mencari makan. Ia pun mati dalam kedinginan malam. (Saya pernah lihat Gan. Burung yang lepas dari sangkar. Punyanya tetangga. Bukannya terbang ke angkasa malahan terbang ke rumah persinggahan saya. Kelihatan kedinginan gitu.)

Nah....

Apakah penjelasan di atas sudah mampu memahamkan gan?

Kalau belum saya kasih contoh lain lagi.

Karyawan ibarat anak kecil yang naik sepeda yang dituntun oleh ayahnya. Ketika Sang Ayah terjatuh maka ia pun ikut terjatuh.

Saya kira sudah terlalu jelas contoh-contoh sederhana di atas. Walaupun semua contoh tersebut tidak 100% sama, paling tidak penggambarannya sudah 75% dapat dipahami.

Lantas apa yang bisa membuat kita bisa keluar dari box, pergi jauh terbang tinggi tanpa kebingungan?

Yang membuat kita bebas adalah membangun bisnis sendiri. Membangun bisnis ibaratnya adalah anak kecil yang bebas bermain keluar rumah dengan teman-temannya tertawa gembira. Ibarat burung adalah burung yang terbang bebas (bukan burung piaraan), Ibarat anak kecil yang bermain sepeda adalah yang belajar sendiri jatuh bangun sendiri.

Ya.. kira-kira seperti itu gambarannya. Sudah jelas kan??

Jadi apakah anda masih memilih menjadi karyawan??

Silahkan jawab dan renungkan sendiri :)

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan.

Semoga bermanfaat :)
Read More »