Tips Menulis Artikel Cepat dan Berkualitas Tanpa Edit

Tips Menulis Artikel Cepat, Berkualitas, Tanpa edit

Wah judulnya keren banget ya?

Iya dong biar kamu baca tulisan ini, karena tulisan ini adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri bukan dari orang lain ataupun buku-buku cara menulis cepat.

Disini saya mendapatkan cara ini tanpa saya sadari, karena tiba-tiba saja saya dapat menulis artikel sehari sampai 2-3 kali. 2 - 3 artikel tersebut saya buat bukan seharian penuh menulis, tapi hanya 20-30 menit saja. Menarik bukan? Hehe..

Baiklah akan saya bocorkan rahasianya disini. Simak baik-baik ya.

Cara menulis artikel dengan cepat itu sangat mudah, tapi memang memerlukan waktu untuk mencobanya. Tapi hasil dari percobaan tersebut sangat-sangat spektakuler. Ya kira-kira kalau di uangkan, modal 100rb dapet 1juta. Hm.. lumayan kan?

Ini dia adalah proses saya selama sebulan penuh.

1. Membuat akun wattpad.

2. Membaca novel yang ada di wattpad minimal 5 novel penuh  dari satu pengarang dan beberapa novel yang berbeda penulis, masing-masing satu bab saja.

3. Membuat novel sendiri, bab demi bab. Karena percobaan saya cuma sebulan, maka 2 minggu untuk membaca dan dua minggu unguk menulis novel 2 bab novel. Masing-masing bab 2000 halaman

Menulis novel tanpa mikirkan alur setting dsb, dalam artian saya menulis apa saja yg muncul di benak saya.

Kalau sudah bosen nulis, mentok, saya membaca-baca tips menulis novel dan melihat-lihat novel yang ada di wattpad yang sudah terbit. Biasanya saya akan mendapat ide baru lagi.

Terus saya nulis novel lagi sampai mentok, bener-bener mentok. Dan pada saat itulah saya membuat draft novel dari bab1 hingga bab akhir, yaitu 40 bab. Saya menentukan juga tujuan saya membuat novel. Pesan-pesan apa yang akan saya sampaikan dsb. Terus nulis lagi. Dst.

Pas udah bener-bener bosen, barulah saya membuat artikel blog.

Sepengalaman saya, nulis artikel 300 kata, selesai dalam 5 menit tanpa draft.

Kelebihannya:

A. Artikel lebih komunikatif.
B. Artikel lebih Seo.
C. Artikel simpel padat dan jelas.
D. Hemat waktu, hemat pikiran, hemat tenaga, dsb.

Semua itu terjadi karena dalam proses menulis novel, dipaksa untuk memahami setiap karakter yang dibuat. Tata penulisan juga harus ditata rapi, dan masih ada banyak lagi ketentuan-ketentuan lain yang perlu diperhatikan dan semuanya itu tidak terdapat dalam tata cara penulisan artikel.

Semoga bermanfaat.

Read More »

Cara Menjadi Seorang Penulis Novel Professional

Cara menjadi penulis novel yang professional.

Halo Sob. Kali ini saya akan berbagi tips tentang cara paling mudah menjadi penulis novel yang professional.

Berkaitan dengan kata professional, maka tak lepas dari yang namanya aturan-aturan atau norma-norma yang berlaku. Dalam hal ini adalah di dunia kepenulisan novel itu sendiri.

Baiklah simak baik-baik penjelasan yang saya tuliskan di bawah ini.

Bagaimana sih caranya agar aku bisa jadi penulis novel yang professional?

Untuk menjadi penulis novel yang professional setidaknya kamu harus mempunyai beberapa modal berikut ini.

Mempunyai keinginan yang kuat

Kamu harus punya keinginan untuk maju dulu, karena jika kamu sudah punya keinginan, maka kamu akan mendapatkan dorongan yang kuat dari dalam diri kamu sendiri. Hal ini akan membantu kamu jika suatu saat nanti menemui masalah. Kalau kamu tidak punya keinginan yang kuat, maka sudah dapat dipastikan akan berhenti di tengah jalan.

Tapi jika kamu sudah mempunyai keinginan yang kuat, maka apapun masalahnya tak akan pernah menghentikan impianmu itu. Oleh karena itu keinginan yang kuat sangat diperlukan untuk kelancaran proses menuju harapanmu.

Telaten

Ya, kamu harus telaten, mau berproses secara bertahap, sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Untuk menjadi penulis novel yang professional harus mau berproses dan hindari jauh pikiran untuk segera mendapatkan gelar penulis professional. Karena sebenarnya penulis novel professional adalah mereka yang mau melakukan hal sesuai aturan dan menghindari kecurangan-kecurangan.

Jika kamu tidak telaten, maka akan bosan dan cenderung ingin melakukan semuanya tanpa proses yang panjang, sehingga apapun caranya, kamu rela melakukannya padahal itu melanggar aturan.

Jika hal ini terjadi maka kamu justru tidak akan meraih apa yang kamu harapkan.

Mau belajar sungguh-sungguh

Untuk menjadi seorang penulis novel yang professional tentunya harus belajar, belajar, dan terus belajar. Setiap waktu harus mengupgrade pengetahuannya, yaitu yang berkaitan dengan dunia kepenulisan novel. Mau mempelajari fenomena-fenomena yang terjadi di waktu dekat, dan mau membaca lebih banyak.

Menerima kritik dan saran

Yups, kamu harus menerima kritik dan saran dari orang lain, terlebih lagi yang memberi kritik dan saran adalah orang yang jauh lebih tahu daripada kamu. Tapi perlu disaring juga, mana kritik saran yang membangun, dan mana yang tidak. Semuanya tetap harus diterima, tapi tidak semuanya juga harus kamu turuti.

Mengetahui cara penulisan novel

Dalam poin ini tentunya sangat penting untuk kamu dalami, karena mengetahui tata cara penulisan novel adalah wajib bagi seorang penulis novel agar karyanya benar-benar dianggap sebagai novel, bukan cerpen ataupun puisi.

Mengetahui tata bahasa Indonesia

Agar novel yang dibuat dapat menarik perhatian pembaca, maka kamu harus mengetahui tata bahasa Indonesia yang baik dan yang benar. Tata bahasa Indonesia yang baik dan yang benar membuat pembaca merasa nyaman dan mau berlama-lama dalam membaca novelmu.

Pernahkan, membaca tulisan di blog atau di wattpad yang bentuknya amburadul?

Walaupun materinya bagus, pasti kamu sangat terganggu kan?

Nah, dengan mengetahui tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka kamu berhak menjadi penulis novel yang professional.

Bergabung di grup atau forum penulis

Disini adalah cara untuk mengupgrade pengetahuan dan informasi tentang dunia kepenulisan, karena yang ada di grup dan forum adalah sama juga hobinya. Biasanya disini terdapat banyak materi baru dan informasi yang selalu update tiap waktunya.

***

Selesai

Selesailah sudah artikel tentang cara menjadi penulis professional. Selamat berjuang.

Semoga bermanfaat :)

Read More »

Cara Menambah Followers di Wattpad dalam Waktu Singkat

Banyak temen-temen wattpaders yang bertanya-tanya, "Gimana sih cara menambah followers di wattpad?"

Ini juga beberapa kata kunci yang sering dicari di google :

1. Auto followers wattpad
2. Cara promosi wattpad
3. Followers wattpad gratis
4. Auto readers wattpad
5. Wattpad followers cheat

Menambah followers atau pengikut di wattpad itu mudah atau susah tergantung dengan mindset temen-temen semua. Akan terlihat susah, jika temen-temen tak segera mendapatkan hasilnya. Akan terlihat mudah jika tiba-tiba followers temen-temen menudak begitu saja.

Cara menambah followers di wattpad itu mudah menurut pengalaman saya.

Ini dia cara yang saya gunakan untuk menambah follower di wattpad dalam waktu singkat.

Cara menambah follower wattpad dalam waktu singkat.

1. Buat Tulisan

Membuat tulisan adalah langkah utama dalam menambah followers wattpad. Karena followers akan mengikuti akun wattpadmu karena dia membaca tulisanmu, baik itu berupa cerpen, curhat, novel, puisi, kata-kata bijak dan lain sebagainya.

Dengan menulis tulisan dan kemudian mempublishnya tentunya kamu akan berpeluang mendapatkan follower, dan menambahnya.

Yang penting anda harus punya tulisan dulu, gak perlu mikir bagus apa enggaknya dulu. Yang penting nulis, nulis, nulis, dan nulis serta mempublikasikannya ke wattpad.

2. Buat tulisan yang rapi.

Jika kamu sudah menulis tulisan tanpa memikirkan bagus apa enggaknya, sekarang kamu harus memperhatikan tulisan yang sudah kamu buat, yaitu merapikan tulisan.

Dalam tahap ini kamu tidak perlu memikirkan sudah benar atau belumnya tulisan yang kamu buat, yang terpenting disini adalah memperbaiki tulisan yang typo atau salah penulisan. Dengan merapikan tulisan maka kamu setidaknya dapat membuat pembaca tidak marah karena tulisan kamu sudah rapi. Dengan tulisan rapi akan membuat pembaca nyaman untuk membaca.

3. Menulis sesuai dengan EYD

Nah pada tahap ini kamu dituntut untuk belajar menulis sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Minimal anda harus tau kata yang benar menurut EYD, misalnya kata yang benar aktivitas atau aktifitas?

Nah mungkin kalau orang awam enggak terlalu memikirkan ini, tapi bagi orang yang tau tentunya akan sedikit terganggu dengan kesalahan penulisan.

4. Menulis dengan titik koma yang benar.

Nah ini juga termasuk hal yang paling harus diperhatikan, karena salah dalam penempatan titik dan koma akan menjadikan buyarnya konsentrasi pembaca tulisan anda. Salah penempatan titik dan koma juga dapat merubah makna yang terkandung di dalamnya, atau bahkan makna yang ditangkap oleh pembaca berbalik 180 derajat dari yang kamu harapkan.

Apalagi jika yang anda tulis adalah novel. Tentunya harus sangat memperhatikan faktor ini. Dengan penulisan titik koma yang tepat, akan membuat pembaca nyaman dan santai dalam membaca tulisanmu tanpa berpikir sedikitpun.

5. Share ke medsos

Nah setelah semuanya selesai tinggal dishare tulisannya di media sosial, seperti facebook, twitter, instagram dan sebagainya.

Nah, ada hal yang perlu kamu perhatikan.

Dalam share ke sosmed, sebaiknya target utama adalah temen-temen sesama pengguna wattpad. Dengan share ke temen pengguna wattpad, maka anda akan mudah mendapatkan followers bahkan feedback dari sesama pengguna wattpad.

Setelah ada followers dari sesama pengguna wattpad, sekarang promosi ke grup-grup yang relevan dengan tulisan yang kamu buat. Misalnya kamu membuat cerita anime, maka share ke grup anime. Dengan cara tersebut maka kamu akan mendapatkan banyak followers di wattpad bahkan cenderung mendapatkan feedback lebih banyak dari para penggemarnya.

Hindari terlalu banyak promosi di grup sesama pengguna wattpad.

Biasanya para pemula wattpaders promosi mulu di grup wattpad. Itu sangat tidak strategis, bahkan cenderung di anggap spam, kecuali jika tulisanmu membahas tentang trik tips wattpad (itu tidak masalah).

Tapi kalau tulisanmu itu berupa cerita atau tulisan yang tidak disukai orang lain? Maka yang terjadi adalah feedback negatif atau bahkan dianggap spam.

Ya ibaratnya ada orang yang nggak suka ikan, tapi dipaksa-paksa buat makan ikan. Pasti tak mau dan kalau maupun pasti dia akan muntah, mungkin itu ibaratnya.

Dari semua tips di atas tentunya bukan cuma sekedar cuap-cuap saya saja, melainkan saya juga sudah menguji cobanya dan hasilnya lumayanlah seharinya bisa dapet 20 followers.

Dari sekian tips-tips tersebut tentunya belum dapat mewakili semua hal yang ingin saya sampaikan, maka dari itu alangkah baiknya, kamu membaca tips-tips saya yang lain yang tak kalah menariknya.

Salam sehat lancar jaya :)

Read More »

Bagaimana Cara Membuat Pacar Klepek-Klepek

Siapa sih yang nggak mau pacarnya klepek-klepek? Semua orang pasti mau dong. Tapi apakah anda sudah tahu cara membuat pacar anda klepek-klepek? Pasti belum kan?

Yups, saya sangat yakin anda belum seratus persen yakin dengan berbagai cara untuk membuat pacar anda klepek-klepek. Saya yakin anda hanya bisa mengira-ngira saja, atau mungkin anda terlalu kepedean mengatakan bahwa pacar anda klepek-klepek kepada anda.

Saya sangat menyadari bahwa anda masih kurang pede dengan apa yang telah anda persiapkan untuk membuat pacar anda klepek-klepek kepada anda. Maka dari itu di artikel ini, saya sengaja membuat tulisan yang mungkin akan membantu anda dalam rencana yang ingin anda buat itu.

Baik Hati

Yups, anda harus terlihat baik hati di depan pacar anda. Tentunya bukan hanya bohongan saja, tapi anda harus memang baik hati kepada pacar anda.

Baik hati disini adalah baik hati dalam segala hal. Baik itu niat awal, maupun niat akhirnya. Jangan sekali-kali anda memikirkan niat jahat walaupun setitik saja, karena hal itu akan diketahui oleh pacar anda melalui perasaannya.

Biasanya orang yang sudah terikat satu sama lain akan mudah mengetahui gerak gerik pasangannya sekalipun hanya niat dalam hati. Jadi anda perlu berhati-hati dengan niat anda.

Jangan turuti permintaan pacar

Nah, ini nih yang biasa membuat banyak orang gagal membuat klepek-klepek pacarnya. Umumnya orang justru menuruti semua permintaan pacarnya, bahkan rela mengorbankan karirnya demi pacarnya. Itu sangat salah kaprah.

Yang benar adalah jangan pernah menuruti permintaan pacar. Hal ini menunjukkan diri anda apa adanya, ini akan lebih baik daripada anda terus memakai topeng kepalsuan.

Pacar akan lebih suka pasangan yang hidup apa adanya, bukan hidup ada apanya. Hidup apa adanya akan lebih bahagia daripada hidup mengada-ada tapi sebenarnya tak punya apa-apa.

Dalam poin ini, terdapat peran kesabaran, kejujuran, kesederhanaan, dan masih banyak lagi sikap-sikap baik yang tersembunyi di baliknya yang belum anda sadari.

Jangan temui pacar walaupun dia meminta

Menemui pacar adalah kesalahan fatal yang dapat menjadikan anda semakin jauh dari pacar anda. Karena hal itu menandakan bahwa anda tidak taat beragama, pacar pun akan semakin menjauhi anda.

Hmm.. siapa yang tidak klepek-klepek dengan pasangannya yang taat beragama, sekalipun ia seorang penjahat pun pasti suka dengan orang yang taat beragama. Taat beragama bukan hanya ibadah, sedekah, ngaji, dsb saja; tetapi juga sosialisasi yang baik, mampu menjaga perasaan, mampu menjaga pandangan juga termasuk taat beragama.

Ini pastinya jadi poin yang sangat penting untuk mulai di pertimbangkan, karena yang sering terjadi adalah sebaliknya. Yaitu pacar minta ketemu, langsung dituruti. Hal semacam itu akan membuat pacar mudah bosan karena ritmenya terlalu singkat alias sering ketemu jadinya mudah bosan.

Berbeda jika pacar minta ketemu, dan anda mengabaikan, tentunya pacar akan semakin klepek-klepek kepada anda tanpa harus diguna-guna.

Nikahi pacar

Nah, ini poin penting yang harus anda lakukan agar pacar anda semakin klepek-klepek kepada anda, bahkan jika poin ini dapat anda lakukan dijamin pacar anda rela diperlakukan seenaknya anda.

Siapa sih pacar yang nggak pengen dinikahi pasangannya?

Semua orang pasti mau tanpa terkecuali. Pacar anda butuh jaminan yang benar-benar menjamin kebahagiaannya, martabatnya, dan lain sebagainya, maka dari itu poin penting ini harus anda lakukan dengan sebaik mungkin, sedemikian rupa.

Nah itulah cara membuat pacar anda klepek-klepek, semoga anda dapat melakukan semua itu dengan baik. Semoga sukses. Amin..

Read More »

Apa itu Prolog Novel - Bagaimana Cara Membuatnya?

Prolog novel adalah bagian opsional dari sebuah novel. Artinya bagian yang bisa saja ada atau bagian yang bisa saja tidak ada. Biasanya jika ada prolog maka ada epilog.

Pada postingan kali ini saya ingin menyampaikan beberapa pendapat orang tentang prolog novel.

Pendapat yang pertama mengatakan bahwa prolog novel adalah bersifat pilihan. Bisa diadakan dan juga bisa diabaikan.

Pendapat yang kedua adalah menganggap prolog novel adalah bagian yang penting untuk dimanfaatkan. Pendapat kedua ini menyatakan bahwa prolog novel akan sangat bermanfaat untuk menyampaikan hal yang tidak memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam tubuh novel itu sendiri.

Pendapat ketiga menganggap bahwa prolog novel itu adalah kutipan dari novel yang dijadikan untuk menarik perhatian pembaca. Dengan asumsi dengan melihat cuplikan adegan dalam novel tersebut, pembaca akan tertarik untuk langsung membaca isi novel tersebut.

Pendapat keempat mengatakan bahwa prolog novel itu rangkuman dari keseluruhan isi novel, hanya saja ada sesuatu yang disembunyikan agar pembaca penasaran.

Pendapat kelima menyatakan bahwa, prolog novel adalah kejadian yang melatarbelakangi cerita dalam novel.

Pendapat keenam mengungkapkan prolog novel itu susah membuatnya.

Itulah beberapa pendapat dari beberapa penulis yang saya temui di google.

Jika kurang puas anda bisa mencarinya sendiri di google maupun di buku-buku yang membahas dunia kepenulisan

Bagaimana cara membuat prolog Novel?

Jika saya melihat melalui kaca mata saya sendiri, maka pertanyaan bagaimana cara membuat prolog novel?

Maka saya akan menjawab.

Cara membuat prolog novel yang baik dan benar adalah dengan melihat novel-novel yang sudah diterbitkan, terlebih lagi novelnya penulis yang terkenal.

Sesuaikan juga dengan genre novel yang anda buat agar tidak salah menempatkannya. Karena tiap genre, tentunya cara penyampaian prolognya pun berbeda-beda, dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Nah itulah cara untuk membuat prolog novel.

Ini dia contoh prolog novel yang sederhana Klik Link di bawah ini untuk melihat contoh prolog novel.

Kumpulan Prolog Novel

Read More »

Apakah Perlu? Membuat Jadwal untuk Beraktivitas Sehari-hari

Apakah membuat jadwal untuk beraktivitas sehari-hari itu perlu?

Jawabannya adalah perlu sekali, seperti perlunya anda mempersiapkan diri untuk mencapai kesuksesan.

Tahukah anda, kalau orang-orang sukses suka merencanakan kesuksesannya?

Ya, orang sukses punya rencana yang sangat matang dalam mempersiapkan kesuksesannya.

Tahukah anda, orang sukses punya jadwal untuk beraktivitas sehari-hari?

Ya, banyak orang sukses yang kehidupannya dipenuhi oleh jadwal yang dibuatnya sendiri. Mungkin semua orang sukses seperti itu.

Mempunyai jadwal untuk beraktivitas sehari-hari adalah pintu gerbang dalam menuju kesuksesan, karena dia akan tahu, kapan dia harus serius dan kapan dia harus santai.

Dengan membuat sebuah jadwal khusus, maka semua aktivitas dapat berjalan dengan baik seperti yang diharapkan.

Dalam halnya meraih kesuksesan, jadwal ini berperan sebagai spirit untuk mempercepat laju bergerak menuju kesuksesan. Jika orang tak punya jadwal meraih kesuksesan dalam 10 tahun, maka orang yang memounyai jadwal mungkin dapat meraihnya 5-8 tahun lebih awal.

Keren bukan?

Coba kalau tidak punya jadwal?

Biasanya orang akan cenderung malas-malasan sehingga dapat menghambat laju bergerak menuju kesuksesan.

Ya, seperti itulah pentingnya membuat jadwal untuk beraktivitas sehari-hari. Apakah penting? Yups sangat penting banget.

Nah, demikianlah kiranya yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini, semoga bermanfaat :)

Read More »

Cara Memilih Merpati Balap - 15 Hal yang Harus Anda Ketahui

Cara Memilih Merpati Balap Ber kualitas Joss - Anda Harus Mengetahui Sebelum Membeli

Halo sobat, pada postingan kali ini saya akan membahas sesuatu yang sedikit berbeda dari postingan-postingan saya sebelumnya. Kali ini saya membuatkan artikel khusus untuk pecinta burung merpati balap.

Banyak pecinta burung merpati balap yang bertanya-tanya, berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul :

ciri ciri merpati balap tinggian
>
cara merawat merpati balap yang benar
>
ciri ciri merpati balap super
>
jenis merpati balap tercepat
>
harga merpati balap
>
merpati balap sprint tercepat
>
merpati balap leonard
>
video merpati balap tercepat di dunia
>
ciri merpati tinggian stut kencang
>
cara melatih merpati tinggian
>
jamu merpati tinggi
>
cara memilih merpati tinggian di pasar
>
ciri merpati terbang tinggi nitik
>
ciri fisik merpati tinggian
>
ciri sayap merpati tinggian
>
Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Baiklah simak artikel di bawah ini dengan seksama :)

Ketika anda memilih burung merpati balap ataupun burung lainnya, ciri-ciri adalah salah satu yang pasti menjadi patokannya. Seperti halnya yang akan saya bahas dalam artikel ini yaitu ciri-ciri burung merpati balap yang berkualitas.

Ciri-ciri burung merpati balap yang berkualitas bisa dilihat dari bentuk fisiknya yang ideal. Bentuk tubuh merpati balap yang berkualitas pastinya akan menunjang keberhasilan merpati balap agar menjadi juara. Namun, untuk menghasilkan burung merpati balap yang berkualitas baik serta calon juara, maka diperlukan serangkaian latihan yang pas dan kesabaran anda atau dari pelatihnya.

Satu hal yang tidak kalah pentingnya dalam memilih merpati balap berkualitas adalah turunan indukannya. Dengan mengetahui silsilahnya, anda bisa memperkirakan kualitas dari seekor burung merpati balap. Hal tersebut termasuk karena faktor genetik juga dapat berpengaruh terhadap kualitas burung merpati balap.

Dilihat fisiknya, burung merpati balap yang berkualitas umumnya memiliki ciri-ciri seperti yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Sebenarnya setiap orang memiliki kategori tersendiri berdasarkan pengalamannya dalam kebiasaannya memilih burung merpati yang dianggapnya berpeluang menjadi calon juara balap merpati.

Berikut ini adalah ciri-ciri fisik yang dapat anda jadikan sebagai pertimbangan untuk memilih burung merpati balap yang tepat dan berkualitas.

1. Postur Tubuh Merpati

Postur tubuh dilihat secara keseluruhan harus ideal, lebih tepatnya tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Tidak terlalu montok dan tidak terlalu kecil. Hal ini juga akan menjadi faktor yang mendukung performa burung merpati balap ketika terbang.

Burung merpati balap yang berkualitas baik bisa terbang dengan sangat cepat, inilah yang anda harapkan. Postur tubuh merpati balap yang berkualitas baik streamline sehingga memungkinkan burung merpati terbang dengan lincah juga terbebas dari hambatan.

2. Leher

Bentuk dan ukurang leher juga sangat mempengaruhi kelincahan burung merpati ketika terbang. Pilih leher merpati yang sedang dan ketika dipegang berasa kencang  dan kuat, shootingnya kencang, hindari memilih leher merpati yang panjang karena biasanya saat terbang akan kurang fokus karena menengok ke kanan dan ke kiri saat terbang.

Leher burung merpati adalah stang kemudinya yang dapat mengarahkan kemanapun burung merpati akan terbang. Jika leher yang terlalu pendek tidak menunjukkan kelincahan yang baik, yang dibutuhkan oleh burung merpati balap. 

3. Badan & Dada Tegap

Ciri-ciri ini adalah ciri-ciri yang paling umum. Burung merpati balap yang berkualitas mempunyai badan gagah dan tegap. Burung merpati jantan yang gagah selain bisa menarik pasangannya juga akan sangat menarik bagi para pecintanya. Postur badan yang tegap ini sangatlah mendukung kecepatan dan kelincahanya pada saat terbang.

Dengan anda memilih postur badan yang tegap dan berniat menghasilkan burung merpati balap berkualitas, maka dengan begitu anda bisa melanjutkan di program pelatihan burung merpati balap di tahap selanjutnya.

Ukuran badan sedang, bulat berisi kalau dipegang enak dan juga  terasa lentur seperti bola karet, dengan daging otot memenuhi badan dari dada sampai belakang, daging empuk tapi kenyal dan gemuk hingga daging menonjol dan dengan berat sedang tidak terlalu ringan.

4. Sayap Merpati

Sayap burung merpati balap yang bagus adalah cukup panjang. Di saat melipat sayap, posisi panjang sayap terlihat sama dengan ujung ekor. Ujung sayap berada di posisi sepanjang ujung ekor. Atau kalau tidak, panjang sayap tidak terlalu jauh dari ujung ekor.

Bulu sayap harus tebal, akan terasa halus ketika dipegang, panjang dan juga lentur serta ujung sayap agak meruncing, tulang bulu keras , bulu kering namun terlihat seperti ada lapisan lilin dan tidak rusak.

Daging/otot lengan sayap sedikit lentur / kenyal dan tebal. Sayap seperti ini dapat mendukung kecepatan burung merpati balap ketika terbang di saat perlombaan.

Satu hal lagi yang berkaitan dengan sayap burung merpati balap yang berkualitas adalah, sirip sayap pada lembaran-lembaran sayap tepi bentuknya lurus, dan tidak melengkung. 

Pada umumnya sirip bagian luar berbentuk melengkung, namun burung merpati balap yang berkualitas baik dan calon juara harus berbentuk lurus dan penuh.

Selain itu, umumnya sayap burung merpati, di helai paling luar mempunyai panjang yang lebih pendek dari pada helai lebih dalamnya. Di burung merpati balap yang berkualitas baik, helai paling luar dari bulu sayapnya mempunyai panjang yang paling panjang dari pada helai lainnya, sehingga bentuknya lurus dari dalam keluar karena helai paling luar yang paling panjang.

5. Paruh

Pilih paruh dengan ukuran yang kecil atau yang sedang serta tidak terlalu panjang. Atau lebih tepatnya seperti paruh puter tapi lebih pendek.

6. Hidung

Ada tiga poin penting yang harus anda perhatikan saat memilih merpati balap, yaitu :

#Hidung merpati yang baik adalah panjang, besar, menggembung namun bukan turunan prambon Merpati Pos.  Hidung merpati bentuknya seperti ini :  kalau warna kapur pekat, maka pangkal hidung bagian bawah menjorok ke belakang, secara umum dapat dikatakan merpati unggul, walaupun masih ada ciri lain yang lebih banyak dari ini.

#Bentuk hidung bagus dan besar, panjang, melekat ke paruh untuk Merpati Prambon. Hidung akan terlihat seperti ini : untuk warna kapur pekat akan kelihatan garis-garis samar sejajar warna merah di seluruh hidung dan juga pangkal hidung bawah menjorok ke belakang.

#Bentuk hidung kecil, menggembung strain jawa, jawa deles atau jawa sungut. Hidungnya seperti ini : warna kapur pekat, pangkal hidung bawah menjorok ke belakang. Ini adalah salah satu ciri merpati berkualitas unggul.

7. Kepala

Pilih merpati yang kepalanya besar. Batok kepala depan lebih tinggi daripada yang belakang. Para pecinta merpati menganggap bahqa merpati yang kepalanya besar lebih pintar daripada merpati berkepala kecil. Dengan alasan jika otak lebih besar maka lebih baik dan lebih pintar dari pada otak kecil.

8. Mata

Pilihlah merpati yang memiliki mata tajam dan kecil juga pilihlah mata pupil bulat kecil hitam dan legam serta tidak pecah, warna mata di luar pupil harus terang dan bersih, warna kuning atau kuning campur merah atau (minimal 3 warna). Hal tersebut diyakini memiliki indra tajam dan mental petarung handal, sangat tidak disarankan untuk memilih warna hitam.

Dan juga tak kalah penting pupil mata hitam harus bisa ZOOM mengecil dan membesar / kedap-kedip untuk melihat dekat dan jauh, pupil mata yang kecil penglihatannya lebih tajam jika dibandingkan dengan pupil mata yang besar.

Contoh simpelnya lihat piyikan matanya belum terang dan juga pupil matanya masih besar, piyikan tersebut matanya belum terlalu tajam.

9. Tulang Supit

Kerangka tulang burung merpati yang kokoh bisa diraba dari tulang supitnya. Banyak merpati balap juara dengan stut keras serta tidak kapokan ditunjang oleh tulang supit yang keras, yang menunjukkan bahwa merpati tersebut mempunyai tulang yang kuat dan kokoh

10. Kaki

Pilihlah merpati yang kakinya terlihat kering (mbesik) dan panjang. Ada juga yang mengatakan bahw tanda kaki merpati yang bagus adalah ketika sedang dipegang kakinya akan mendorong ke belakang dan sejajar dengan ekornya.

11. Pinggang / Brutu

Besar kecil serta jarak pinggang merpati juga dapat berpengaruh terhadap kestabilan terbangnya. Pinggang dengan jarak renggang dari badan akan membuat burung tidak mempunyai keseimbangan yang baik. Di saat turun akan lambat atau turun berbelok separuh jalan atau tidak ada rem. Maka dari itu pilihlah jarak pinggang dengan badan rapat, baik pinggang besar maupun kecil. Burung merpati seperti ini biasanya turun dengan cepat.

12. Ekor

Pilih bulu ekor yang rapat dan tebal serta kokoh tetapi lentur, ukuran panjangnya sedang (proporsional) dan ketika dipegang ekornya turun ke bawah. 

13. Perut

Jika diraba terasa berisi dan lentur, hindari memilih perut yang tidak berisi atau tepos.

14. Mental

Hal tidak kalah pentingnya saat anda memilih merpati balap yang berkualitas adalah memilih merpati dengan mental tarungnya yang baik. Semua hal tentang anatomi yang tersebut di atas belum bisa bekerja secara maksimal tanpa didukung mental merpati yang baik. Semua merpati yang mental tarungnya baik biasanya sudah dimiliki oleh para peternak untuk dibudidayakan dan dilestarikan keturunannya.

15. Pantau Langsung di tempat

Memilih dengan cara memantaunya langsung di lapangan adalah cara yang paling tepat dan akurat. Pada saat terbang balapan, burung merpati balap dapat mengukur ketinggian terbang dengan ketinggian yang normal. Tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah. Sangat sesuai dengan jarak dari betinanya.

Biasanya untuk menjadikan merpati balap berkecepatan yang maksimal, maka burung merpati harus dilatih agar dapat mengukur kapan waktunya terbang naik juga kapan waktunya terbang merendah. Hal itu sangat berkaitan dengan latihan yang biasanya dilakukan anda sebagai sang pelatih burung merpati balap.

Demikianlah artikel yang dapat saya sampaikan, jika anda rasa ada yang kurang silahkan bisa anda tambahkan di kolom komentar.

Artikel ini semoga dapat menjadi solusi yang tepat bagi anda yang berniat untuk membeli merpati balap.

Semoga bermanfaat :)

Read More »